14 October 2020, 19:57 WIB

Calvert-Lewin Tebar Ancaman di Derbi Merseyside


Dero Iqbal Mahendra | Sepak Bola

MENJELANG laga derbi Merseyside antara Everton dan Liverpool, kedua tim berada dalam kondisi yang bertolak belakang. Everton masih menikmati kemenangan 100%, sedangkan LIverpool baru terluka ditangan Aston Villa dengan skor 7-2.

Barisan pertahanan Liverpool yang disebut legenda Manchester United sebagai ceroboh perlu membuktikan kapasitasnya. Liverpool harus membuktikan catatan pertahanan terbaik dalam dua musim terakhir bukan ilusi.

Barisan pertahanan Liverpool harus mewaspadi striker oportunis Everton Dominic Calvert-Lewin yang sedang on form. Sang striker telah mengemas 10 gol dengan di antaranya dua hatrick yang menempatkan dirinya sebagai top scorer sementara liga Inggris.

Ajang derby nanti disebut menjadi ajang pembuktian ketajaman sang striker melawan pertahanan Liverpool. Calvert-Lewin diharapkan dapat memenangkan deby bagi Everton untuk pertama kalinya dalam satu dekade terakhir.

Calvert-Lewin sendiri awalnya merupakan gelandang box to box yang kemudian bertransformasi menjadi penyerang tunggal di depan gawang. Mantan pelatih interim Everton Duncan Ferguson lah yang menempatkannya sebagai penyerang tunggal diantara dua bek tengah.

"Aku datang pada Jumat pagi dan dia (Ferguson) merangkul saya dan mengatakan dengan tegas, 'Kamu akan menjadi penyerang tunggal saya, dan kamu akan bermain'. Itu merupakan pertama kali saya diberikan tanggung jawab seperti itu dan ssaya merasa seperti penyerang nomer 9 sesungguhnya saya rasa. Itu menyemangati saya dan membuat saya merasa bahwa ini waktunya bagi saya," kenang Calvert-Lewin seperti dilansir Goal, Rabu (14/10).

Legenda Liverpool Jan Molby pun menyebut banyak orang tidak melihat levelnya sebagai suatu ancaman berarti. Namun disanalah banyak orang salah menilainya.

"saya rasa Duncan Ferguson memberikan jalan baginya. Untuk penyerang dengan kualitas fisik yang sangat bagus disana lah ia harus bermain. Ia harus di tengah diantara dua bek, yang terus memberikan gangguan," terang Molby.

Keputusan bermain penyerang tengah tersebut pun terbukti positif. Kini ditangan dingin pelatih Everton saat ini Carlo Cancelotti bakat Calvert-Lewin semakin bersinar. Ancelotti menyarankan agar ia menontoh penyerang fox in the box Italia Filippo Inzaghi.

"Inzaghi mencetak 300 gol dan 210 diantaranya dilakukan hanya dengan sekali sentuhan," ungkap Ancelotti.

Saran itu pun diterapkan oleh Calvert-Lewin, dari 10 golnya untuk klub dan negaranya musim ini, sembilan dicetak hanya dengan satu sentuhan. Kemampuan jangkauannya sudah sangat dominan.

Molby pun meminta Liverpool untuk waspada akan ancaman sang striker di akhir pekan ini.

"Ada banyak penyerang luar biasa di liga premier inggris, namun Calvert-Lewin menawarkan sesuatu yang berbeda. Ia menawarkan sesuatu yang pemain belakang tidak sukai, ia mendominasi dengan kekuatan fisik. Ia pasti menjadi mimpi buruk untuk lawannya," pungkas Mobly. (Goal/OL-8).

 

BERITA TERKAIT