14 October 2020, 18:30 WIB

Karyawan di Karawang Diminta Buat Catatan Harian


Cikwan Suwandi | Nusantara

PARA karyawan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat diminta membuat catatan harian yang berisi perjalan dirinya dari rumah ke tempat kerjanya atau sebaliknya. Hal ini untuk memudahkan tracing bila ditemukan kasus positif Covid-19.

"Jadi kami minta manajemen perusahaan untuk memerintahkan karyawannya membuat riwayat perjalanan yang ditempuhnya dalam catatan harian," ujar Sekda Karawang, Acep Jamhuri kepada mediaindonesia.com, Rabu (14/10)

Catatan harian itu, jelas Acep, salah satu yang diarahkan Gubernur Ridwan Kamil untuk memudahkan tracing.

Acep juga mengingatkan perusahaan, ketika ditemukan karyawan yang terpapar Covid-19 agar segera melapor ke dinas teknis seperti Dinas Kesehatan bukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

Pihaknya ingin ada Standar Operating Prosedur (SOP) khusus bagi tiap perusahaan untuk mencegah dan menangani Covid-19. Perusahaan diminta mengatur protokol kesehatan dari mulai karyawan berangkat hingga kembali pulang. Hal tersebut, ujar Acep, yang menjadi salah satu fokus Pjs Bupati Karawang.

"Termasuk SOP penutupan pabrik jika ditemukan kasus positif. Karena tidak bisa sembarangan menutup," ujarnya.

Dalam evaluasi penanganan Covid-19, Acep mengaku akan membuat satuan tugas (satgas) khusus dari setiap bidang. "Saat ini di perusahaan ada satgas. Mereka harus mendapatkan pelatihan. Nanti juga ada satgas untuk pesantren, mal-mal termasuk perumahan," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Muncul Dua Klaster Penyebaran Covid-19 di Karawang

BERITA TERKAIT