14 October 2020, 14:47 WIB

7 Pemda di Babel Raih Pencapaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian


mediaindonesia.com | Nusantara

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kembali meraih pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas hasil Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2019. 

Tak hanya itu, untuk laporan tahun 2019 ini sebanyak tujuh pemda di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil mendapatkan capaian standar tertinggi dalam akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah.

Atas capaian tersebut, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Gubernur Babel) Erzaldi Rosman mengapresiasi tujuh pemda yang berhasil mendapatkan WTP, seraya berharap ke depan agar capaian ini tetap terus dijaga.

Menurut Erzaldi, prestasi ini bukan suatu akhir tetapi tujuan dengan harapan WTP ini akan lebih memastikan lagi pengelolaan keuangan dan pembangunan yang lebih baik.

Apresiasi tersebut diungkapkan Gubernur Babel Erzaldi Rosman pada acara Penyerahan Penghargaan Pemerintah Republik Indonesia atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2019 di Lingkungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Kepulauan Babel (14/10/20).

Gubernur Erzaldi menambahkan dalam menuju pengelolaan dan pelaporan keuangan yang lebih baik melalui bimbingan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan Inspektorat bukan merupakan hal yang biasa saja tetapi juga merupakan suatu kebutuhan.

Karena itu, Gubernur Erzaldi mengapresiasi semua pihak atas capaian WTP ini. "Saya yakin dengan sinergitas dan kobalorasi, kita dapat melaksanakan pembangunan di provinsi, kabupaten, dan kota yang berjalan baik. Tentunya ini diawali dengan pengelolaan dan pelaporan keuangan yang baik pula," ungkapnya.

Terkait satu pemda yang belum mendapat WTP, hal ini akan terus didorong melalui pendampingan dan pembinaan sehingga, ke depan seluruh pemda di Provinsi Bangka Belitung dapat meraih WTP.

Senada, Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Kepulauan Bangka Belitung, Fahma Sari Fatma juga menyampaikan apresiasi atas capaian yang diraih oleh pemprov, kabupaten, kota di wilayah Bangka Belitung yang berhasil meraih opini WTP, yang mana tahun ini Bangka Belitung dari 8 pemda, ada 7 pemda berhasil meraih WTP.

Pada tahun sebelumnya hanya empat pemda di Bangka Belitung yang meraih WTP. 7 Pemda yang menerima WTP ini merupakan bagian dari 480 pemda se-Indonesia yang berhasil meraih opini WTP. 

Penyerahan penghargaan ini merupakan tradisi tahunan dan diberikan oleh pemerintah kepada semua instansi dan kementerian lembaga dalam rangka mengapresiasi upaya semua pihak untuk mewujudkan laporan keuangan yang akuntabel transparan dan diakui keberadaannya ataupun diakui oleh Badan Pemeriksa Keuangan kewajaran dalam penyajiannya.

Penyerahan piagam penghargaan ini diserahkan langsung oleh Gubernur Erzaldi kepada tujuh pemprov/kabupaten/kota, didampingi Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Bangka Belitung. (RO/OL-09)
 

BERITA TERKAIT