14 October 2020, 08:50 WIB

Bank Dunia Setujui Dana US$12 Miliar untuk Vaksin Covid-19


Nur Aivanni, Faustinus Nua | Internasional

BANK Dunia, Selasa (13/10), mengatakan pihaknya menyetujui dana sebesar US$12 miliar bagi negara-negara berkembang untuk membiayai pembelian dan distribusi vaksin, tes, dan pengobatan covid-19.

Dalam sebuah pernyataan, Bank Dunia mengatakan pembiayaan itu bertujuan mendukung vaksinasi bagi 1 miliar orang.

Dana tersebut merupakan bagian dari keseluruhan paket World Bank Group (WBG) sebesar US$160 miliar hingga Juni 2021 yang dirancang untuk membantu negara-negara berkembang memerangi pandemi covid-19.

Baca juga: WFP Butuh Dana US$6,8 Miliar untuk Cegah Kelaparan Akibat Covid-19

"Paket pembiayaan tersebut membantu memberi sinyal kepada penelitian dan industri farmasi bahwa warga negara di negara berkembang juga membutuhkan akses ke vaksin covid-19 yang aman dan efektif," bunyi pernyataan itu.

"Ini juga akan memberikan pembiayaan dan dukungan teknis sehingga negara berkembang bisa menyiapkan penyebaran vaksin dalam skala besar, dalam koordinasi dengan mitra internasional," lanjut Bank Dunia.

Akses ke vaksin yang aman dan efektif serta sistem distribusi yang diperkuat, kata Presiden Grup Bank Dunia David Malpass, adalah kunci mengubah jalannya pandemi dan membantu negara-negara yang mengalami dampak ekonomi dan fiskal yang dahsyat bergerak menuju pemulihan yang tangguh.

Pembiayaan itu, kata pernyataan tersebut, juga akan mendukung negara-negara untuk mengakses tes dan pengobatan covid-19 serta memperluas kapasitas imunisasi untuk membantu sistem kesehatan menyebarkan vaksin secara efektif. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT