14 October 2020, 07:27 WIB

Akan Kembali ke F1, Alonso Jajal Mobil Renault


Basuki Eka Purnama, Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

FERNANDO Alonso mengemudikan mobil Formula 1 untuk pertama kali dalam tempo 1,5 tahun di Barcelona, Selasa (13/10).

Peraih dua gelar Formula 1 itu mengemudikan mobil Renault, tim yang tempat dia dua kali menjadi juara Formula 1 dan tim yang akan dibelanya musim depan.

Alonso mengemudikan mobil Renault yang musim ini digunakan Daniel Ricciardo, pembalap yang posisinya akan dia gantikan.

Pembalap Spanyol yang memenangkan gelar Formula 1 pada 2005 dan 2006 bersama Renault, hanya melahap jarak 100 kilometer.

Baca juga: Hulkenberg Buktikan Layak Dapat Julukan Super-Sub

"Rasanya sangat luar biasa bisa kembali mengemudikan mobil Formula 1," ujar Alonso lewat Instagram live.

"Ini adalah kesempatan bagi saya untuk menyesuaikan diri dengan mobil. Menyesuaikan diri dengan mobil Formula 1 tidak mudah namun saya merasa saya menjadi semakin baik setiap lapnya," imbuh dia.

Alonso kembali menjajal mobil Formula 1 di peringatan 20 tahun lap pertamanya di balapan jet darat itu kala mengemudikan mobil Benetton, tim asal Inggris yang berubah nama menjadi Renault pada 2000.

Dia membukukan dua dari 32 kemenangan di grand prix Formula 1 di Spanyol, 2006 dam 2013, dan lima kali naik podium di trek itu.

"Rasanya sangat spesial bisa kembali ke Barcelona. Saya memiliki banyak kenangan indah di sini. Ini adalah trek yang sudah saya kenal baik," ungkap Alonso.

Alonso terakhir kali menjajal mobil Formula 1 adalah di sesi uji coba bersama McLaren di Bahrain pada April 2019. Dia membalap secara resmi di GP Abu Dhabi 2018 juga bersama McLaren di akhir musimnya yang ke-17.

Dia sepakat kembali ke Formula 1 pada Juli lalu untuk memperkuat Renault saat tim itu berubah nama menjadi Alpine, produsen mobil asal Prancis.

Sejak meninggalkan Formula 1, Alonso telah memenangkan Le Mans 24 Jam sebanyak dua kali, semuanya bersama Toyota.

Tahun ini, dia menjajal Reli Dakar dan finis di urutan ke-13.

Alonso juga membalap di Indianapolis 500 untuk kedua kalinya dan finis di urutan ke-21. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT