14 October 2020, 07:13 WIB

Southgate Dukung Laga Internasional Saat Pandemi


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

PELATIH timnas Inggris Gareth Southgate membela digelarnya laga internasional saat pandemi covid-19 meski sejumlah pemain dinyatakan positif covid-19 saat jeda internasional.

Cristiano Ronaldo menjadi pesepak bola paling ternama yang dinyatakan positif covid-19. Federasi Sepak Bola Portugal mengumumkan kapten timnas itu positif covid-19, Selasa (13/10).

Jadwal laga playoff Piala Eropa 2020 Skotlandia dan Irlandia juga terganggu dengan hasil positif covid-19.

Baca juga: De Boer Prioritaskan Kesejahteraan Saat Seleksi Pemain

Inggris, sejauh ini, tidak mencatatkan kasus positif covid-19.

The Three Lions akan berhadapan dengan Denmark pada Kamis (15/10) dini hari WIB, sebelum mengjadapi Selandia Baru, Belgia, dan Islandia, bulan depan.

Southgate berharap laga internasional pada November tidak dibatalkan karena tekanan dari klub.

"Saat ini, kondisi dunia terus berubah. Anda harus hidup dari satu hari ke hari berikutnya," ujar Southgate.

"Tidak ada alasan sepak bola internasional memiliki risiko yang lebih tinggi. Kita berada dalam posisi yang beruntung karena mayoritas pemain kami berada di Inggris."

"Memang ada pemain seperti Jadon (Sancho) dan Kieran (Trippier) yang datang dari luar negeri namun mayoritas berada di dalam negeri. Kami selalu mengikuti protokol kesehatan Liga Primer Inggris," imbuhnya.

Di lapangan, anak-anak asuhan Southgate membukukan hasil apik dengan meraih kemenangan 2-1 atas tim peringkat satu dunia, Belgia di laga Liga Negara UEFA, dan menang 3-0 atas Wales di laga persahabatan. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT