14 October 2020, 06:35 WIB

De Boer Prioritaskan Kesejahteraan Saat Seleksi Pemain


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

PELATIH timnas Belanda Frank de Boer menyatakan pertimbangan kesejahteraan pemain adalah prioritasnya ketika menyeleksi timnya untuk pertandingan tandang Liga Negara UEFA melawan Italia, sekalipun dia berada dalam tekanan agar segera memetik hasil positif.

Laga melawan Italia akan menjadi pertandingan ketiga De Boer sejak menggantikan Ronald Koeman. Belanda tidak kunjung menciptakan gol di bawah asuhan dia sehingga sang pelatih baru pun menghadapi tekanan agar menang.

"Memainkan tiga pertandingan dalam delapan hari itu terlalu banyak," kata De Boer menyinggung jadwal saat timnya kalah 0-1 melawan Meksiko dalam pertandingan persahabatan dan seri 0-0 melawan Bosnia dalam laga tandang Liga Negara UEFA, Minggu (11/10).

Baca juga: Jelang Lawan Denmark, Chilwell dan Trippier Tinggalkan Inggris

"Saya juga harus memikirkan pemain. Mereka semuanya harus kembali tampil untuk klub mereka dan itu hal yang harus saya pertimbangkan. Oleh
karena itu, Anda tidak bisa selalu siap menghadapi pertandingan dalam cara yang ingin Anda lakukan," kata dia dalam jumpa pers di Bergamo,
Selasa (13/10).

Mantan pelatih Ajax Amsterdam, Inter Milan, Crystal Palace, dan Atlanta berusia 50 tahun itu berada dalam tekanan karena awal yang buruk bersama timnas Belanda.

"Melawan Bosnia, kami tidak bermain bagus tapi kami masih bisa menciptakan lima peluang yang baik. Kami tidak berhasil memanfaatkannya.
Pelatih sebelumnya mendapatkan keberuntungan itu," kata dia mengacu pada catatan positif Koeman.

"Kami memiliki skuad yang sangat termotivasi yang juga bisa saling mengkritik. Saat melawan Bosnia, sepertinya kami kehilangan agresi. Tapi, itu karena kami terlambat duel sepanjang pertandingan. Kami harus memastikan kami berduel esok," lanjutnya

Yang menguntungkan sang pelatih adalah Memphis Depay sudah bisa kembali memperkuat serangan setelah terkena larangan bermain. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT