13 October 2020, 23:49 WIB

Peringkat Swiatek Melesat Berkat Kampiun di Prancis Terbuka


Dero Iqbal Mahendra | Olahraga

PETENIS Polandia Iga Swiatek tidak pernah bermimpi menjuarai Grand Slam Prancis Open di usianya yang belum genap 20 tahun. 

Berkat prestasinya itu, ia mampu melesat menembus peringkat 20 besar petenis dunia dari sebelumnya di peringkat 60 besar.

Swiatek pun menjadi petenis Polandia pertama yang mampu menjuarai Grand Slam. Bahkan ia merupakan petenis nonunggulan ke lima yang mampu menjuarai Roland Garros yag bahkan tidak pernah kehilangan satu set pun selama turnamen.

Swiatek awalnya menempati peringkat 54 petenis dunia mampu tampil apik sepanjang turnamen. Namun ia baru menjadi sorotan setelah mampu mengalahkan juara tahun lalu yang barus saja menjuarai turnamen di Roma Simona Halep.

Di babak final pun Swiatek harus berhadapan dengan juara Australia Open Sofia Kenin. Atas kemenangan ini Swiatek kini menjadi petenis peringkat 17 dunia, yang merupakan pencapaian tertinggi saat ini dalam karirnya.

Di sisi lain Kenin pun atas performa solidnya di Roland Garros mampu meningkatkan peringkatnya terlepas gagal menjadi juara. Petenis Amerika ini naik ke peringkat 4 dunia.

Sedangkan semifinalist v kembali ke jajaran atas di 10 besar peringkat petenis dunia dengan menempati peringkat 8. Di Roland Garros kemarin ia mampu mencapai semi final yang merupakan kali pertama setelah tiga tahun terakhir.

Untuk peringkat 1 dunia masih dipegang oleh juara Prancis Open 2019 Ashleigh Barty meski tidak ikut berkompetisi lantaran adanya covid-19. (WTA Tour/OL-8).

BERITA TERKAIT