14 October 2020, 02:10 WIB

Menanti Kemilau Frank de Boer


Akmal Fauzi | Sepak Bola

UJIAN berat akan dihadapi pelatih timnas Belanda, Frank de Boer, saat bertandang ke Italia dalam lanjutan laga Liga A Grup 1 UEFA Nations League, Kamis (15/10) dini hari WIB. 

Sentuhan eks pelatih Inter Milan yang menggantikan Ronald Koeman itu belum juga terlihat cemerlang. Dalam dua laga, tim Oranje tak kunjung menang dan gagal mencetak gol. De Boer memulai debutnya bersama Belanda dengan kekalahan 0-1 saat melawan Meksiko dalam laga persahabatan pekan lalu.

Skuadnya juga bermain imbang 0-0 dengan Bosnia-Herzegovina di Nations League, Minggu (11/10). Dalam melawan Italia, Belanda punya pengalaman takluk 0-1 saat jadi tuan rumah di pertandingan pertama mereka di fase grup pada bulan lalu.

Belanda saat ini berada posisi kedua klasemen Liga A Grup 1 dengan koleksi empat poin, kalah satu poin dari Italia. Tentu bukan hal mudah memetik kemenangan atas Italia. Apalagi, Frenkie de Jong dkk akan melawat ke kandang Gli Azzurri.  Belanda tak pernah menang dalam sembilan lawatan ke sana. Belum lagi, Italia punya rekor bermain di kandang yang cukup baik. Sementara itu, Italia gagal meraih kemenangan saat bertandang ke Polandia, Senin (12/10). 

Italia yang diasuh Roberto Mancini tentu tak ingin berlarut-larut dalam keterpurukan. Gelandang Italia, Marco Verratti, menerangkan bahwa kini ia dan rekan-rekannya mempersiapkan diri untuk pertandingan menghadapi Belanda.

“Kami memiliki cukup peluang untuk melakukannya. Sekarang kami berfokus untuk bermain melawan Belanda . Kami memiliki peluang besar,” ujarnya.

Di Liga A Grup 3, Portugal akan menghadapi Swedia pada Kamis dini hari WIB. Kedua negara sama-sama bertekad mencuri tiga poin setelah kurang beruntung di laga terakhir. Portugal sebagai juara bertahan bermain tanpa gol dengan Prancis, Senin lalu. 

Sebaliknya, Swedia kalah 1-2 dari Kroasia. Kebuntuan Portugal juga terjadi di laga sebelumnya saat Cristiano Ronaldo dkk bermain imbang 0-0 melawan Spanyol di laga persahabatan Kamis (8/10). Pertandingan melawan Swedia pun jadi pertaruhan serius
meski mereka saat ini masih berada di puncak klasemen.

“Kebuntuan saat melawan Prancis ialah pertandingan yang sangat seimbang. Para pemain terlalu berhati-hati. Itu permainan yang tidak memiliki dinamika dalam mencari gol,” kata pelatih Portugal Fernando Santos.

Sebaliknya, Swedia diperkirakan akan mengantisipasi Ronaldo yang akan jadi tumpuan Portugal. “Ketika dia menjalani hari yang baik, dia bisa menentukan segalanya sendirian,” kata pemain Swedia Dejan Kulusevski yang jadi rekan setim dengan Ronaldo di Juventus.


Tak perkuat Belgia

Pemain Belgia Kevin De Bruyne mengundurkan diri dari timnas Belgia karena masalah kebugaran. Pemain Manchester City itu main sejak menit pertama saat Belgia menghadapi Inggris pada laga UEFA Nations League di Stadion Wembley, Minggu, dan keluar lapangan sebelum pertandingan menyentuh waktu menit ke-90.

Dengan begitu, De Bruyne dipastikan bakal absen dari laga Belgia kontra Islandia yang berlangsung Kamis dini hari WIB. “Kevin De Bruyne kembali ke klubnya. Dia tidak cukup bugar untuk bermain melawan Islandia,” demikan pernyataan  timnas  Belgia.  (Sportsmole/UEFA/FootballItalia/BBC/R-3)

BERITA TERKAIT