13 October 2020, 21:00 WIB

Roberto Firmino Kebelet jadi Penyerang Legendaris Timnas Brasil


Muhammad Fauzi | Sepak Bola

ROBERTO Firmino berambisi untuk bergabung dalam daftar para penyerang legendaris di timnas Brasil meraih dengan menjuarai Piala Dunia.

Penyerang Liverpool tersebut menjalani debutnya bersama tim senior Brasil pada 2014, dan sejak itu ia sudah mencatatkan 45 penampilan serta mencetak 15 gol.

Firmino mencetak dua gol terbarunya saat tim Samba asuhan pelatih Tite itu memulai kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan kemenangan 5-0 atas Bolivia pada Sabtu pekan lalu.

Brasil diberkati dengan beberapa striker terhebat sepanjang masa, seperti Careca, Romario dan Ronaldo. Namun, mereka sekarang kesulitan untuk menemukan penerus Ronaldo sejak pensiun pada 2011.

Sejumlah pemain seperti Alexandre Pato, Vagner Love, Fred dan Luis Fabiano dianggap gagal untuk memenuhi standar yang ditinggalkan Ronaldo.

Firmino juga mendapatkan banyak kritik sejak mengambil peran tersebut di timnas Brasil karena catatan golnya kurang istimewa, tetapi ia masih yakin dengan kemampuannya sendiri.

Ketika ditanya apakah ia ingin mengikuti jejak para penyerang legendaris Brasil, bintang Liverpool itu mengatakan bahwa ia suka bermain di posisi itu dan ingin diandalkan oleh rekan setimnya.

"Ya, pasti. Saya suka bermain di posisi ini, saya ingin menjadi pemain yang dapat diandalkan Brasil di posisi ini," ujar pemain berusia 29 tahun itu kepada FIFA.com yang dikutip Goal pada Selasa (13/10).

Firmino senang membantu bertahan saat bermain untuk Liverpool, tetapi Tite ingin agar fokus ia hanya fokus untuk mencetak gol.

"Bukan karena ia meminta saya untuk tidak membantu (bertahan), tetapi ia ingin saya selalu berada di kotak penalti. Saya masih harus sedikit membantu, tetapi ia ingin saya lebih sedikit mengejar bola, lebih banyak berada di kotak penalti," tambahnya.

"Saya memiliki naluri untuk membantu bertahan, saya melakukan ini untuk Liverpool - jadi saya harus mengesampingkan ini dan melakukan apa yang diminta Tite dari saya."

"Saya menikmati terlibat dalam permainan, menciptakan gol, tetapi saya juga menikmati berada di kotak penalti dan mencetak gol."

"Saya ingin terus bekerja keras dan membantu Selecao mencapai Piala Dunia."

Ketajaman Firmino akan kembali diandalkan Brasil saat mereka menghadapi Peru dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Rabu pagi pukul 07.00 WIB.  (Ant/OL-13)

BERITA TERKAIT