13 October 2020, 20:05 WIB

Joan Mir Balik Sindir Stoner Terkait Absennya Marc Marquez


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PEMBALAP Suzuki Ecstar Joan Mir melempar kritik kepada Mantan pembalap MotoGP Casey Stoner yang menyatakan, nilai persaingan juara dunia MotoGP 2020 berkurang karena absennya rider Repsol Honda Marc Marquez.

Diketahui Marquez harus absen panjang pada MotoGP 2020 akibat cedera patah tulang bagian lengan dan masih melakukan pemulihan hingga saat ini.

"Sangat menyenangkan ketika berbicara dari luar, karena ia sudah pensiun dan semacamnya," ucap Mir. "Yang saya tidak mengerti adalah, secara teori Casey telah meninggalkan (MotoGP) ini bukan?, kemudian ia muncul dan berkomentar seperti itu. Aku tidak mengerti," imbuhnya.

"Biarkan saja ia berbicara semaunya, memberikan pendapatnya dari rumah, duduk di sofa yang nyaman," tuturnya.

Mir mengingatkan Stoner bahwa Marquez mendapatkan gelar juara dunia pertamanya di MotoGP saat rival lain cedera, dan itu tak mengurangi nilai dari gelar tersebut.

"Saya pikir hal yang sama terjadi pada Marquez di gelara juara dunia pertamanya, bahwa Pedrosa dan Lorenzo cedera. Tapi apakah kemudian gelar ini kurang bernilai baginya?, tidak sama sekali, pasti gelar itu yang paling memiliki nilai karena itu yang pertama," jelasnya.

"Saya tidak paham dengan (komentar Stoner) 'karena tidak ada Marquez nilainya jadi berkurang'. Begini, Marquez sudah ambil risiko di race pertama dan ia cedera. Tapi itu kan bagian dari kompetisi, apa yang akan terjadi bila Marquez tak jatuh? Kita tidak akan pernah tahu. Tapi untuk saat ini faktanya ia jatuh di balapan pertama," terangnya.

Joan Mir saat ini digadang-gadang akan merebut gelar juara MotoGP 2020 bersama dengan Fabio Quartararo dari Petronas Yamaha SRT, saat ini Mir mengoleksi 105 poin dan menduduki posisi kedua di klasemen berjarak 10 poin dari Quartararo yang menduduki peringkat puncak. (Motosan/OL-13)

BERITA TERKAIT