13 October 2020, 19:46 WIB

Kesadaran tentang Kesehatan Mental Mulai Meningkat


Ghani Nurcahyadi | Humaniora

KESADARAN dan perhatian masyarakat mengenai kesehatan mental dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan tren yang terus meningkat. Kolaborasi untuk terus mencerdaskan masyarakat soal kesehatan mental pun diharapkan terus terjalin.

Hal itu terungkap dalam webinar bertajuk World Mental Health Day 2020 :Mental Helatf For All yang digelar Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) Psikologi bersama Fakultas dan Badan Eksekutif Mahasiswa Psikologi memperingati Hari Kesehatan Mental yang jatuh tiap 10 Oktober.

Ketua Iluni UI Psikologi Ivan Ahda mengatakan, kesehatan mental erat kaitannya dengan cara mengelola stres.

"Seseorang yang dapat merespon stres secara tepat akan mampu memelihara kesehatan mentalnya,” kata Ivan.

Baca juga : KPPPA Dorong Pembangunan Infrastruktur Ramah Anak

Pengelolaan stress, lanjut Ivan, dapat dimulai dari lingkungan rumah tangga atau keluarga. orang tua dapat mengawali self-compassion atau berbelas kasih dengan diri sendiri agar dapat menciptakan keluarga yang sehat jiwa dan bahagia di rumah.

"Sementara, di lingkungan kerja diperlukan sistem dan relasi sosial yang peduli dengan well-being atau kesejahteraan karyawan agar turut berperan menjaga kesehatan mental para pekerja Indonesia," ujar Ivan.

Selain Ivan, webinar yang dihadiri 400 peserta itu juga menghadirkan dosen Fakultas Psikologi UI dan praktisi psikologi, seperti Putu Andani, Sicilya Arief, Isdar Marwan, dan Ermanda Saskia Siregar.

Ivan berharap, pelaksanaan peringatan Hari Kesehatan Mental akan membuat khalayak masyarakat senantiasa mampu menjaga kesehatan mentalnya dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, hingga tempat kerja. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT