13 October 2020, 18:45 WIB

TPNPB-OPM Tak Peduli dengan Ancaman Pemerintah


Emir Chairullah | Politik dan Hukum

TENTARA Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) tidak peduli dengan gertakan pemerintah yang akan memburu mereka. Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom menegaskan, pihaknya akan meladeni tantangan tersebut. 

“Kami tuan tanah, pemilik negeri. Jadi pasukan TNI/Polri mau cari pasukan TPNPB-OPM silakan datang di medan tempur,” katanya ketika dihubungi mediaindonesia.com, Selasa (13/10).

Hal tersebut dikatakannya menanggapi penegasan pemerintah melalui Menko Polhukam Mahfud MD yang akan memburu TPNPB-OPM karena mendalangi penembakan Anggota Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Intan Jaya, Bambang Purwoko. “Itu yang akan kita buru. Itu tugas negara memburu yang begitu, karena itu kriminal," tegas Mahfud.

Lebih lanjut Sebby menyebutkan, pihaknya tidak khawatir dengan ancaman tersebut karena berada di pihak yang benar. “Kami tahu roh leluhur bangsa Papua tetap di pihak pasukan TPNPB-OPM,” tegasnya.

Baca juga : Pemerintah akan Memburu TPNPB-OPM

Sebelumnya Sebby menegaskan, pihaknya menolak investigasi yang dilakukan TGPF karena hasilnya dipastikan tidak independen. “Kami menolak investigasi TGPF karena beberapa anggotanya terdiri TNI, Polri, dan BIN. Bagaimana mungkin hasilnya bisa dipercaya kalau yang memeriksa adalah pelakunya (aparat keamanan) sendiri,” katanya.

Menurut Sebby, pihaknya meyakini penembakan Yeremia Zanambani dan sejumlah korban lain pada September lalu dilakukan aparat keamanan Indonesia. “Kita sudah umumkan bahwa pelaku penembakan pendeta merupakan aparat TNI, tapi tidak dipedulikan,” jelasnya. (P-5)

BERITA TERKAIT