13 October 2020, 15:35 WIB

CCTV ungkap Pelaku Pelempar Batu ke Pendemo di Medan Oknum Petugas


Yoseph Pencawan | Nusantara

KAMERA CCTV yang terpasang di berbagai titik di gedung DPRD telah memandu tim khusus Jatanras Polrestabes Medan mengetahui identitas para pelaku pelemparan terhadap peserta unjuk rasa.

Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Martuasah Tobing mengatakan, saat ini pihaknya telah menahan para pelaku pelempar batu ke arah demonstran.

"Pelaku berjumlah dua orang, keduanya adalah oknum petugas satuan pengamanan (satpam) DPRD Medan," ujarnya, Selasa (13/10).

Kompol Martuasah mengungkapkan, penangkapan ini dilakukan setelah sebelumnya Timsus Jatanras Satreskrim Polrestabes Medan mendapatkan informasi tentang adanya pelemparan batu dari lantai 7 gedung DPRD Kota Medan.

Batu dilempar ke arah peserta unjuk rasa menentang Omnibus Law UU Cipta Kerja di depan gedung DPRD Sumut, pada Kamis (8/10). Ketika itu massa menyebar sampai ke bagian sisi kiri luar gedung DPRD Medan yang berada berdampingan dengan DPRD Sumut.

Massa yang menjadi sasaran pelemparan adalah mereka yang berada tepatnya di depan Plaza Palladium.

Setelah mendapat informasi tersebut timsus Jatanras Polrestabes Medan segera melakukan penyelidikan guna mencari kebenarannya.

Dari hasil penyelidikan dan keterangan para saksi yang berada di tempat kejadian perkara (TKP), tindakan pelemparan batu itu adalah benar adanya.

Dari salinan rekaman CCTV yang didapat petugas, terlihat kedua pelaku menggunakan lift sebelum dan sesudah melakukan pelemparan saat unjuk rasa berlangsung.

Kasus ini berawal dari kemunculan cuplikan video penampakan dua sosok misterius yang melakukan pelemparan batu ke arah demonstran dari atas gedung DPRD Kota Medan (bukan DPRD Sumut).

Dalam video tampak dua sosok misterius melakukan pelemparan batu sebanyak tiga kali dari atas atap gedung ke arah massa di bawah.

Para demonstran tampak meneriakinya dan menghindar dari batu-batu yang dilempar. Beberapa pendemo juga terlihat mengambil gambar tindakan pelemparan itu dengan telepon genggam. (OL-13)

Baca Juga: Fisik Pemain Timnas U-19 Dinilai Harus Dibenahi

BERITA TERKAIT