13 October 2020, 13:11 WIB

Sungai Cilangla Meluap Rendam 370 Rumah


Kristiadi | Nusantara

HUJAN deras yang terjadi di Kabupaten Tasikmalaya menyebabkan meluapnya Sungai Cilangla Kecamatan Karangnunggal dan merendam 370 rumah di empat kecamatan. Yakni di Bantarkalong, Cipatujah, Karangnunggal dan Cibalong. Banjir menyebabkan dua mobil terseret arus air.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Irwan mengatakan ratusan warga sempat mengungsi ke tempat aman karena ketinggian banjir mencapai 1,5 meter. Banjir yang terjadi kemarin, saat ini sudah mulai surut.

"Sampai sekarang petugas gabungan mulai dari TNI, Polisi, BPBD, Tagana, masih berjaga  di beberapa lokasi banjir dan longsor. Untuk longsor kami membutuhkan alat berat untuk membersihkan tanah. Saat ini warga yang mengungsi telah kembali," ujar Irwan, Selasa (13/10).

baca juga: Polda Riau Tangkap 21 ABG Pembawa Batu dan Miras Saat Demo

Banjir juga merendam puluhan sepeda motor. Irwan mengimbau masyarakat untuk waspda karena hujan yang turun belakangan ini intensitasnya tinggi. Ditambah kontur tanah di daerah rawan banjir cukup labil sehingga berpotensi terjadi longsor dan pergerakan tanah. 

"Cuaca buruk masih melanda wilayah Tasikmalaya, jadi masyarakat harus waspada," pungkasnya. (OL-3)


 

BERITA TERKAIT