13 October 2020, 13:09 WIB

Pemerintah Siapkan Skema Pengungsian Khusus


Andhika Prasetyo | Humaniora

KEMENTERIAN Sosial akan menyiapkan skema pengungsian khusus jika terjadi bencana alam di masa pandemi. Upaya tersebut harus dilakukan demi menghindari terjadinya klaster penularan pada masa darurat bencana.

"Lokasi pengungsian saat pandemi tentu akan berbeda dengan saat normal. Kalau saat normal mungkin saru tenda bisa diisi puluhan bahkan kadang ratusan orang. Di saat pandemi, jumlah pengungsi di setiap tenda pasti akan dikurangi tetapi teknis pelaksanaan nanti akan tergantung juga pada lokasi," ujar Menteri Sosial Juliari Batubara usai mengikuti rapat terbatas, Selasa (13/10).

Selain membatasi jumlah pengungsi, pemerintah juga akan memberikan alat proteksi seperti masker dan hand sanitizer di lokasi pengungsian

"Kami juga akan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan terkait kemungkina dilakukannya rapid test di lokasi pengungsian," ucap Juliari.

Baca juga:  Pemerintah: Ada Potensi Multibencana pada Akhir Tahun 2020

Selain itu, sebagaimana antisipasi bencana dalam kondisi normal, Kemensos akan mulai menyiapkan stok penyangga seperti makanan dan minuman serta kebutuhan mendasar lain untuk masa darurat bencana.

"Kita ingin pastikan, saat bencana datang, masyarakat yang terdampak bisa segera mendapatkan kebutuhan dasar mereka. Itu tugas kami yang utama," tuturnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT