13 October 2020, 10:26 WIB

Monyet Tawuran, Tujuh Orang Tewas


Putri Rosmalia | Weekend

TAWURAN antara kelompok  monyet di India tidak kunjung usai. Setidaknya sejak Juli hingga Oktober 2020, telah terjadi puluhan kali keributan antarkelompok hewan tersebut.

Uniknya, mereka yang jadi korban tawuran itu justru manusia. Hingga saat ini, tercatat sebanyak 7 orang tewas akibat ulah hewan-hewan tersebut. Mereka umumnya terjebak di antara monyet yang mengamuk dan akhirnya mengalami kecelakaan.

Pada 6 Oktober 2020, pedagang emas bernama Laxman Tulsiani dan pengelola Veera tengah mengontrol proyek bangunan di Kota Agra, Uttar Pradesh, India Utara ketika kawanan monyet menyerbu lokasi dan berkelahi hingga meruntuhkan tembok. Keduanya meninggal dunia.

Seperti dilansir dari vice.com, diketahui setidaknya ada 50 juta ekor monyet yang tersebar di berbagai wilayah India. Pusat Primata India melaporkan setidaknya ada seribu laporan atas gigitan monyet pada manusia di seluruh India setiap harinya.

Ahli Primata di Pusat Primata India, Iqbal Malik, mengatakan kurangnya kontrol populasi manusia dan monyet, merosotnya kawasan hutan yang jadi habitat monyet, dan munculnya pertanian monokultur yang meningkatkan persaingan dan agresi di antara kawanan monyet, merupakan penyebab utama masalah tersebut.

“Serangan monyet telah terjadi di India sejak akhir 80-an. Sebelumnya, manusia dan primata dapat hidup berdampingan dengan tentram,” ujar Iqbal. (M-4)

BERITA TERKAIT