13 October 2020, 08:59 WIB

Kasus Covid-19 di Tiga Daerah Jateng Terus Menurun


Akhmad Safuan | Nusantara

KASUS covid-19 di sejumlah wilayah di Jawa Tengah  seperti Kota Semarang, Demak dan Jepara mulai melandai. Laporan dari Dinas Kesehatan Kota Semarang disebutkan saat ini sebanyak 523 orang masih dirawat, turun dari sebelumnya sebanyak 539 orang yang dirawat pada Senin (12/10).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam mengatakan kasus covid-19 menunjukan kondisi menggembirakan dengan angka semakin menurun. Namun mengantisipasi penyebaran terus dilakukan kewaspadaan tinggi terutama munculnya klaster baru.

"Selain giat lakukan pelacakan setiap kasus. Juga terus dilakukan rapid test dan swab test massal. Bersama dinas dan instansi lainnya rutin menggelar operasi penegakan disiplin protokol kesehatan. 

"Langkah ini kita harapkan semakin menurunkan covid-19 hingga ditargetkan Desember mendatang sudah masuk zona hijau," jelas Abdul Hakam, Selasa (13/10).

baca juga: Lakukan Rapid Test Tanpa Analis, 3 Klinik di Sorong Ditutup

Sedangkan di Kabupaten Demak saat ini masih ada 105 orang isolasi mandiri dan 24 orang dirawat di rumah sakit. Awalnya Demak masuk zona merah kini sudah memasuki zona kuning. Kondisi membaik juga ditunjukan oleh Kabupaten Jepara. Dari seluruh kasus yang ada sebanyak 1.824 orang, saat ini masih menyisakan 246 orang (13,49%) yakni 24 orang dirawat dan 222 orang isolasi mandiri.

"Sedangkan di Kecamatan Karimunjawa sampai saat ini masih wilayah teraman, karena sejak pandemi civid-19 hingga sekarang tidak pernah ditemukan satu pun kasus covid-19 di sana," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jepara Moh Ali. (OL-3)

BERITA TERKAIT