13 October 2020, 08:59 WIB

Dapat Balasan dari Klopp, Keluarga Pendukung Liverpool Terharu


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

IBUNDA seorang pendukung muda Liverpool yang menulis surat kepada Juergen Klopp mengenai kekhawatirannya karena harus pindah sekolah, Senin (12/10), mengaku sangat terharu dengan balasan penuh cinta dari manajer the Reds itu.

Lewis Balfe, 11, menulis surat kepada Klopp, Agustus lalu, mengenai kekhawatirannya karena harus bersekolah di tempat baru pada September.

"Dia sangat senang sementara saya sangat terkejut. Pasalnya, saya menyangka kami hanya akan mendapatkan balasan standar dari klub. Saya tidak menyangka kami mendapatkan surat yang penuh perhatian dan sangat personal," ujar Milena Balfe, ibunda Lewis.

Baca juga: Southgate Puji Mason Mount sebagai Pemain Cerdas

Dalam suratnya, Klopp, yang mengantarkan Liverpool meraih gelar Liga Primer Inggris pada musim lalu, mengatakan, "Bolehkan saya berbagi rahasia? Saya juga merasa cemas."

"Sejujurnya, saya akan khawatir jika saya tidak cemas karena itu memberi kesempatan bagi saya untuk mengubah energi itu menjadi sesuatu yang positif," lanjutnya.

Pelatih Jerman itu kemudian mengatakan, "Saya menyadari bahwa tampaknya janggal bagi anak seusia kamu untuk berpikir pelatih Liverpool merasakan hal yang sama dengan kamu namun saya merasakannya."

"Dari suratmu, saya bisa mengetahui kamu adalah seseorang yang penuh perhitungan dan juga sangat penuh cinta. Ketika Anda memiliki hal itu, sangat sulit untuk tidak cemas."

"Kamu bertanya apa yang saya lakukan jika pemain saya cemas dan jawabannya adalah saya mengingatkan mereka betapa pentingnya mereka bagi saya dan betapa saya percaya pada mereka. Saya yakin hal yang sama juga berlaku pada keluargamu terhadap kamu."

"Kamu tidak perlu khawatir hal buruk akan terjadi. Seperti yang kamu tahu, saya sering kalah di laga final dan itu membawa perasaan yang tidak baik. Namun, dengan bantuan keluarga dan teman, saya terus maju dan pada akhirnya bisa meraih hasil yang terbaik."

"Jika saya terpuruk saat mendapatkan hasil buruk, saya tidak akan mendapatkan hasil yang baik. Karenanya, kamu harus berpikir positif tentang diri kamu sendiri dan kamu akan mendapatkan hasil yang baik."

Klopp kemudian berterima kasih kepada Lewis atas dukungannya untuk Liverpool.

"Dukunganmu sangat berarti bagi saya dan semua orang di Liverpool. Karenanya, saya berharap surat ini menunjukkan kami juga mendukungmu," pungkas Klopp. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT