13 October 2020, 08:07 WIB

Wunderkind Dortmund Berpeluang Cetak Rekor di Liga Champions


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

YOUSSOUFA Moukoko, yang akan berulang tahun ke-16 pada 20 November mendatang, berpeluang mencetak rekor di Liga Champions, bulan depan, dengan menjadi pemain termuda di kompetisi Eropa itu.

Direktur Olahraga Borussia Dortmund Michael Zorc, dalam wawancara dengan harian Jerman Bild mengatakan, "Kami memasukkan namanya dalam daftar B Liga Champions.

Dortmund berada di Grup F Liga Champions bersama Zenit Saint Petersburg, Brugge, dan Lazio.

Baca juga: Choupo-Moting tidak Keberatan Jadi Pelapis Lewandowski

Pemain berusia 15 tahun yang mencetak banyak gol di sepak bola tingkat yunior Jerman, tidak masuk dalam daftar pemain A Dortmund untuk Liga Champions.

Namun, dia berada di daftar B, yang berdasarkan aturan UEFA berarti seorang pemain berusia 16 tahun bisa bermain dengan syarat dia telah bergabung dengan klub selama minimal dua tahun. Moukoko telah bergabung dengan Dortmund sejak 2016.

Dia akan berulang tahun ke-16 empat hari sebelum Dortmund menjamu Brugge pada 24 November dan berpeluang menjadi pemain termuda sepanjang sejarah Liga Champions.

Rekor pemain termuda Liga Champions saat ini dipegang oleh Celestina Babayaro, kini berusia 42 tahun. Dia membela Anderlecht dalam laga melawan Steau Bucharest pada 1994 di usia 16 tahun dan 86 hari.

Kala itu, dia hanya bermain selama 34 menit sebelum diganjar kartu merah.

Babayaro kemudian bermain selama delapan tahun di Chelsea.

Adapun Moukoko, pada musim 2018/19, mencetak 50 gol dari 28 laga untuk tim U-17 Dortmund.

Musim lalu, di usia 14 tahun, dia masuk tim U-19 dan mencetak 38 gol dari 28 laga.

Bulan lalu, pemain berusia 15 tahun itu mencetak hattrick untuk pertama kali bersama skuad U-19. Dia kini berlatih bersama timnas senior Dortmund.

Moukoko juga telah melakukan debut dengan timnas Jerman U-20 pada September lalu.

Namun, Kepala Pengembangan Pemain Dortmund Sebastian Kehl meminta semua orang untuk tidak terlalu berlebihan dengan status wunderkind Moukoko.

"Melakukan debut profesional adalah hal yang luar biasa dan dia baru berusia 15 tahun. Kami harus memberi dia waktu yang memadai untuk mengembangkan diri," ujar Kehl. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT