13 October 2020, 07:40 WIB

Swasta Dukung Gerakan Pakai Masker Untuk Pulihkan Ekonomi


Syarief Oebaidillah | Humaniora

UNTUK memutus mata rantai penularan covid-19, dengan gerakan memakai masker mendapat dukungan dari industri swasta. Seperti yang dilakukan PT Asia Health Energi Beverages (AHEB), produsen minuman energi Kratingdaeng membagikan masker kepada masyarakat du wilayah Jabodetabek, Senin (12/10).

Sebanyak 200 ribu masker dibagikan kepada masyarakat di jalan, pasar, tempat olahraga, lapangan dan pangkalan ojek yang menjadi tempat berkumpulnya orang. Memakai masker bisa mencegah penularan covid-19 sehingga mempercepat pemulihan perekonomian masyarakat.

Menurut David Thomas selaku CMO PT AHEB menjelaskan program gerakan disiplin memakai masker ini dikhususkan untuk kawasan zona merah. 

"Kepedulian kami berpartisipasi dan berperan memerangi pandemi saat ini, kami berinisiatif membagikan 200.000 masker secara langsung kepada warga masyarakat. Hal ini men jadi salah satu program Kratingdaeng Peduli bertajuk Gerakan Disiplin Memakai Masker. Khususnya di wilayah zona merah," kata Davin.

Di lokasi rawan tempat orang berkerumun kerap dijumpai adanya warga yang tidak memakai masker. 

"Dari pemberitaan yang ada, kasus penularan yang terjadi di pasar ternyata relatif tinggi. Banyak pedagang dan berbagai pihak di sana yang mengabaikan protokol kesehatan. Di lapangan-lapangan dan perumahan juga terjadi hal yang sama, itu sebabnya kami memilih membagikan masker di kawasan rawan ini," tandas Davin.

Masker yang dibagikan adalah masker kesehatan yang direkomendasikan. Pada saat memberikan masker, tim lapangan juga memeragakan cara memakai masker yang baik dan benar sesuai rekomendasi dokter. Aksi ini bukan pertama kali. Sebelumnya perusahaan itu juga membagikan makanan dan minuman ke 10 rumah sakit di Jakarta. Ia berharap pembagian masker ini bisa menekan penyebaran covid-19 dan bisa mempercepat pemulihan perekonomian masyarakat. 

baca juga: Pemerintah Susun Prokes Cegah Klaster Keluarga

Pada pembagian masker di kawasan Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kepala Satgas Covid 19 Satpol PP Kecamatan Kebayoran Lama, Robinhot Sibutar Butar mengapresiasi langkah AHEB membagikan masker bagi masyarakat sekaligus mengedukasi masyarakat. 

"Jadi kami bersyukur adanya distribusi masker ini turut membantu meningkatkan kesadaran warga dalam menjaga protokol kesehatan. Selain bermasker,menjaga jarak dan mencui tangan," ujar Robin. (OL-3)

BERITA TERKAIT