13 October 2020, 03:30 WIB

Kembali ke Santos, Gaji Robinho Di Bawah UMP DKI Jakarta


Widhoroso | Sepak Bola

PENGGEMAR sepak bola di dunia tentu masih ingat dengan nama Robinho. Pemain asal Brasil tersebut pernah menjadi salah satu pemain depan terbaik di dunia.

Robinho, yang kini berusia 36 tahun, pernah menjadi andalan Real Madrid, Manchester City, serta AC Milan dengan dengan gaji ratusan juta per bulan. Namun, saat ini hal itu tidaka lagi dirasakan pemain bernama lengkap Robson de Souza.

Saat ini Robinho telah kembali ke klub asal Brasil yang sekaligus klub masa kecilnya, Santos. Robinho dikontrak Santos selama lima bulan setelah dilepas klub asal Turki, Istanbul Basaksehir, dengan status bebas transfer.

Namun, di Santos, Robinho tidak lagi mendapat gaji selangit. Robinho kini hanya mendapat gaji 230 euro atau sekiyar Rp3,9 juta per bulan. Jumlah tersebut di bawah Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta yang sebesar Rp4,2 juta.

“Memang benar, saya menandatangani kontrak dengan Santos senilai 230 euro per bulan,” ucap Robinho kepada media Brasil, TMW.

“Tapi saya tidak suka membahasnya. Dalam keadaan darurat global ini, kita semua harus sedikit berkontribusi dan saya telah memutuskan untuk bermain gratis selama lima bulan ini,” tutur pemilik 102 caps di timnas Brasil itu.

Robinho merupakan jebolan akademi Santos. Ia dipromosikan ke tim utama pada 2002. Kemudian, ia diboyong Real Madrid sebelum ke Manchester City. Ia pun pernah membela Milan pada rentang 2010–2015.

Satu setengah musim di klub terakhirnya, Istanbul Basaksehir, Robinho tampil 43 kali dengan hanya menyumbang empat gol dan tiga assist.

"Hari ini, Santos membutuhkan saya, karena saya membutuhkan Santos di masa-masa awal karier saya. Kami semua harus beradaptasi,” tambahnya. (Goal/R-1)

 

BERITA TERKAIT