13 October 2020, 01:15 WIB

Muhammad Farhan Dukung Kesetaraan Gender di Ruang Publik


MI | Humaniora

ANGGOTA Komisi I DPR RI Fraksi Partai NasDem Muhammad Farhan, 50, mendukung implementasi kesetaraan gender dalam ruang publik. 

Pasalnya, ia menilai kesetaraan gender dapat menciptakan kesejahteraan masyarakat. “Apabila kelompok gender yang secara budaya sosial lebih inferior mampu kita angkat kesejahteraan lahir batinnya, dengan sendirinya masyarakat lebih sejahtera,” kata Farhan dalam acara #girlstakeover, pekan lalu.

Namun begitu, mantan presenter ini merasa prihatin. Pasalnya, saat ini kesetaraan gender baru mencapai tahap kesadaran pribadi tiap-tiap individu, belum sampai pada tahap internalisasi dalam kehidupan bermasyarakat. 

“Budaya patriarki masih lekat di masyarakat kita. Di level pembuat keputusan sekalipun menganggap bahwa laki-laki dan perempuan memiliki kemampuan yang berbeda,” tuturnya.

Dirinya menilai perlu sinergi berbagai pihak untuk menciptakan ruang aman bagi perempuan dalam beraktivitas dan mencapai produktivitas maksimal. “Persiapan yang sedang dibuat pemerintah saat ini menuju pada kesetaraan gender di berbagai bidang agar perempuan dapat mendapatkan haknya sebagai human being,” tandasnya. (Ata/H-3)
 

BERITA TERKAIT