13 October 2020, 00:35 WIB

Sumsel Kebut Renovasi Stadion Gelora Sriwijaya


MI | Sepak Bola

STADION Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan, bakal menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021. 

Untuk itu, persiapan stadion yang pernah digunakan saat Asian Games 2018 itu terus dikebut. Salah satu pengerjaan yang dipercepat ialah perbaikan rumput lapangan. DirekturOperasional PT Jakabaring Sport City Bambang Supriyanto mengatakan saat ini perbaikan rumput stadion sudah mencapai 75%. 

“Kami menargetkan perbaikan ini bisa selesai di awal November. Sekarang sudah proses, masih ada waktu untuk kita selesaikan,” jelasnya, kemarin. 

Bambang menjelaskan perbaikan rumput dilakukan dengan menggandeng kontraktor yang sudah berpengalaman dengan target selesai pada awal November. Selain memperbaiki lapangan rumput, pembenahan dilakukan untuk kursi penonton, kursi pemain cadangan, serta beberapa fasilitas pendukung lainnya sesuai dengan rekomendasi tim teknis Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

“Pada pekan ini juga mulai dilakukan pengecatan bangku penonton dengan ornamen sesuai rekomendasi Kementerian PU-Pera, yang menyerupai bangku penonton di Stadion Gelora Bung Karno,” jelasnya.

Bambang menambahkan, pihaknya fokus ke rumput stadion karena dibutuhkan waktu untuk menumbuhkannya, kemudian juga harus dipelihara. Sebaliknya, pengerjaan sarana pendukung lain relatif tidak terlalu sulit karena Gelora Sriwijaya sudah biasa menggelar ajang berskala internasional.

Sementara itu, Pemprov Sumsel juga mengejar penyelesaian 16 rekomendasi yang diberikan PSSI beberapa waktu lalu. Bahkan Gubernur Sumsel Herman Deru sudah mengucurkan anggaran sekitar Rp56 miliar untuk persiapan menggelar Piala Dunia.

Herman juga mengatakan, selain menggunakan APBD, pihaknya sudah mendapat bantuan dari pusat melalui APBN untuk mempersiapkan
Palembang sebagai tuan rumah. Di tempat terpisah, Direktur Operasi II Hutama Karya, Novias Nurendra, mengatakan pemerintah tengah menggarap pembangunan modifikasi Simpang Susun Romokalisari di Tol Surabaya-Gresik yang terletak di Provinsi Jawa Timur.

Akses tersebut bisa menjadi jalur utama menuju Stadion Gelora Bung Tomo yang akan menjadi salah satu arena Piala Dunia. Bambang mengatakan proyek itu ditargetkan dapat rampung sebelum Juli 2021. (Ins/DW/R-3)

 

BERITA TERKAIT