12 October 2020, 21:01 WIB

Pimpinan Amphuri Munas Batu Dinilai Sah


Syarief Oebaidillah | Humaniora

DEWAN Pembina Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) menyatakan Musyawarah Nasional ( Munas) ke-V yang digelar  di Kota Batu, Jawa Timur , September lalu sudah sah dan sesuai ketentuan.

Sehingga, menurut Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Amphuri, Firman M. Nur tidak diperlukan adanya Tim Pencari Fakta dan Pemeriksa Independen serta tidak diperlukan adanya Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub).

Untuk itu, Dewan Pembina Amphuri dalam surat yang ditembuskan kepada DPP Amphuri, mengingatkan semua pihak, khususnya setiap Calon Ketua Umum yang telah mengikuti seluruh rangkaian Munas V di Batu agar mentaati Pakta Integritas Calon Ketua Umum yang telah ditandatangani.

Pakta Integritas tersebut menyatakan, apabila  tidak terpilih sebagai Ketua Umum tidak akan keluar dari Amphuri , tidak membuat organisasi tandingan/serupa ataupun membuat hal yang menyebabkan perpecahan Amphuri.

Baca juga : Pemerintah Pastikan Vaksinasi Covid-19 Dimulai Awal November

“Diimbau kepada Dewan Kehormatan agar menjalankan kewenangannya sebagaimana telah diatur oleh Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD & ART) serta Kode Etik Amphuri ” kata Firman mengutip isi surat arahan Dewan Pembina tertanggal 9 Oktober 2020.

Karena itu, Firman mengajak seluruh jajaran pengurus, termasuk Dewan Penasehat dan Dewan Kehormatan untuk tetap mengawal hasil-hasil Munas V  Batu. Diantaranya  kepengurusan baru yang terbentuk untuk melakukan pembahasan Rancangan Garis-Garis Besar Kebijakan Organisasi dan Rancangan Pokok-Pokok Program Kerja. 

 “Alhamdulillah, Tim Formatur telah membentuk dan mengesahkan susunan kepengurusan AMPHURI masa bakti 1442-1446H pada 29 September 2020 lalu. Sehingga  Sabtu, 10 Oktober 2020 kami menggelar Rapat Paripurna untuk menyelesaikan yang belum terselesaikan di Munas V, sebagaimana yang diamanahkan kepada kami,” tukasnya, kemarin.

Diketahui, pekan lalu sebagian anggota Amphuri menggelar Munaslub di Tangerang yang memilih Ketua Umum M Fauzan. Sehingga saat ini Amphuri seperti terpecah menjadi dua kepempimpinan. Dalam kaitan ini, Amphuri pimpinan Firmansyah menganggap pimpinan yang sah. (RO/OL-2)

 

 

 

BERITA TERKAIT