12 October 2020, 18:10 WIB

Southgate Puji Mason Mount sebagai Pemain Cerdas


Dero Iqbal Mahendra | Sepak Bola

DALAM laga Inggris melawan Belgia dalam lanjutan turnamen UEFA Nations League, pelatih Inggris Gareth Southgate memberikan kejutan dengan tidak memasukkan nama Jack Grealish sebagai starter dan memilih Mason Mount.

Inggris dalam laga tersebut pun menang 2-1 atas Belgia setelah pinalti Marcus Rashford dan gol Mount yang membalas gol dari Romelu Lukaku di menit ke 16. Atas kemenangan ini Inggris pun menjadi pemuncak klasmen menggeser Belgia dengan tujuh poin.

Mount membuat gol kemenangan Inggris pada menit ke 60 setelah tembakannya membentur pemain Belgia dan mengecoh kiper Belgia Simon Mignolet.

Dalam pertandingan ini Southgate memang mengambil pendekatan konservatif dengan 3-5-2 untuk meredam gempuran Belgia.

Dalam formasi tersebut banyak yang menanyakan mengapa bintang baru Aston Villa Grealish tidak menjadi starter. Sang pelatih pun kemudian membela Mount yang menurutnya sang pemain kurang diapresiasi, padahal menurutnya Mount merupakan seorang gelandang yang cerdas.

Southgate sebagaimana dilansir Goal menyatakan memilih sang pemain lantaran gelandang 21 tahun tersebut memiliki kombinasi kualitasnya mengolah bola dan kedisiplinannya dalam bermain.

"Ia adalah pemain top. Dia dapat menerima bola meski dalam tekanan. Ia pun memiliki pergerakan yang cerdas. Dia tentu masih perlu belajar. Untuk menemukan ruang di babak pertama itu sulit," tutur Southgate.

Sang pelatih pun menyatakan dalam permainan taktik sebagaimana bertahan dan menyerang diperlukan pemain sseperti Mount yang dapat melakukan keduanya seperti Marcus Rashford maupun Calvert-Lewin.

"Saya membaca banyak hal tentang Mason dan saya rasa dia merupakan pemain yang sangat kurang dihargai, tetapi tidak bagi kami," tegas Southgate.

Kedua pemain pun diperkirakan akan kembali bertarung untuk posisi di starting lineup saat Inggris menghadapi Denmark sebagai tuan rumah Rabu esok. (Goal/OL-4)

BERITA TERKAIT