12 October 2020, 17:51 WIB

Menkeu Yakin Ekonomi Triwulan III Lebih Baik


M Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi

PEMERINTAH optimistis pertumbuhan ekonomi di triwulan III 2020 akan lebih baik dari triwulan II yang tumbuh minus 5,32%. Dengan demikian, diharapkan pertumbuhan ekonomi secara menyeluruh di tahun ini tidak jatuh terlampau dalam seperti negara-negara lain.

“Namun kami berharap ada pemulihan. Hantaman terbesar pada triwulan II. Ekonomi kita turun 5,32%. Kami berharap di triwulan III ekonomi pulih, meski berada di zona negatif, tapi pulih dan berlanjut di triwulan IV,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat membuka Ekspo Profesi Keuangan secara virtual, Senin (12/10).

Dia menambahkan, bila pertumbuhan ekonomi 2020 dapat tumbuh sesuai dengan perkiraan pemerintah, upaya pemulihan ekonomi yang berlanjut di 2021 tidak akan lebih berat. Penyusunan RAPBN yang dilakukan pemerintah bersama DPR ditujukan pula untuk mereformasi kebijakan-kebijakan keuangan negara.

Meski akhir pandemi urung diketahui, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menyampaikan, APBN yang disusun sebagai instrumen fiskal negara akan digunakan sebaik-baiknya untuk mendorong pemulihan ekonomi dan penanganan kesehatan di 2021.

“Kami akan tetap mengusahakan dengan seluruh tools, termasuk fiskal untuk bisa meningkatkan daya tahan kita dan bahkan pulih secara cepat. Kami tahu ketidakpastian covid-19 akan berakhir. Tapi ada ikhtiar untuk mendapatkan vaksin. Kami menyediakan dan mencadangkan untuk penanganan kesehatan,” jelas Sri Mulyani. (OL-14)

BERITA TERKAIT