12 October 2020, 17:44 WIB

KLHK: PSBB Bantu Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora

KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatat terjadi penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) yang signifikan dari sektor transportasi di masa pandemi covid-19.

Penurunan disebabkan beberapa kebijakan. Seperti, penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan bekerja dari rumah (WFH).

"Pada masa WFH ini kami mencoba menyusun profil emisi nasional dan lokal akibat kebijakan. Melalui beberapa kali pertemuan virtual dengan sektor terkait energi dan para pakar,” ujar Direktur Inventarisasi Gas Rumah Kaca dan Monitoring Pelaporan dan Verifikasi KLHK Syaiful Anwar dalam diskusi virtual, Senin (12/10).

Baca juga: Akibat Pandemi, Kerugian Dunia Capai US$15 Triliun

“Secara umum, profil emisi transportasi kita lihat cenderung menurun sejak maret lalu," imbuhnya.

Adapun penurunan emisi GRK nasional ditunjukkan sektor transportasi darat, laut, maupun udara. Pada masa awal PSBB di sejumlah daerah, yakni April-Mei 2020, penurunan emisi GRK untuk transportasi udara mencapai 90,4%.

Kemudian, emisi transportasi laut menurun hingga 95,3% dan transportasi darat turun 34,2%. Penurunan emisi dari tiga sektor transportasi itu dibandingkan periode sama tahun lalu.

Baca juga: KPAI: Banyak Anak Alami Kekerasan Fisik dan Psikis Saat Pandemi

Sementara itu, penurunan emisi GRK dari sektor transportasi pada Februari lalu bukan disebabkan pandemi covid-19. Namun, pengaruh jumlah hari di bulan tersebut. Sehingga, total emisi menjadi lebih rendah dari bulan lainnya.

Dari DKI Jakarta yang menjadi episentrum covid-19, lanjut dia, data menunjukkan konsumsi BBM untuk transportasi darat mengalami penurunan yang signifikan hingga 35%.

"Jadi figurnya mirip dengan nasional," pungkas Syaiful.(OL-11)

BERITA TERKAIT