12 October 2020, 17:29 WIB

898 Pelajar Ikuti KSN Secara daring


Syarief Oebaidillah | Humaniora

SEBANYAK 898 pelajar tingkat dasar hingga sekolah menengah dari 34 provinsi ikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) di Bandung, Senin (12/10).

Menurut Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspremas) Kemendikbud, Asep Sukmayadi, KSN iitu meliputi sembilan bidang. Antara lain, matematika, fisika, kimia, biologi, informatika/komputer, astronomi, ekonomi.kebumian dan geografi.

‘’KSN digelar secara daring karena masih suasana pandemic covid-19 mulai hari ini hingga 17 Oktober,’’ kata Asep sembari menyebutkan, dulunya KSN lebih dikenal dengan Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Menurutnya, penyelenggaraan KSN merupakan upaya Puspresnas untuk mengembangkan pesertadidik bertalenta dan berkarakte dengan prestasi internasional, yang mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga berperan serta dalam mewujudkan bangsa yang unggul.

Melalui kompetisi ini juga diharapkan terjadi pemerataan prestasi di seluruh pelosok tanah air serta tercipta atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat.

Baca juga : Perguruan Tinggi Pesantren Bisa Jadi Pusat Pemberdayaan Ekonomi

Sementara itu, Sekjen Kemendikbud, Ainun Na’im menyinggung tentang adaptasi kebiasaaan baru kerap menjadi hambatan dalam beraktivitas.

‘’Tentu semua ini tidak mudah, tapi kebersamaan kita untuk tetap jujur berprestasi ini menegaskan bahwa pandemi tidak mampu memadamkan keinginan kiat semua untuk berekspresi dan menjalani hidup lebih baik,’’ urai Na’im.

Dipaparkannya, situasi pandemi tidak seharusnya menyurutkan semangat melainkan justru memacu perkembangan ilmu pengetahuan dan membawa hikmah besar bagi dunia sains.

‘’Pandemi menghasilkan sejumlah inovasi yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan. Dengan sains pula, berbagai metode penyembuhan di dunia kedokteran berkembang pesat untuk memulihkan keadaan seperti sedia kala. Semangat seperti inilah yang justru dibutuhkan di saat pandemi ini,’’ pungkasnya

Para peserta KSN akan mengikuti tes tulis dan praktikum sesuai bidang masing-masing. Pengumuman pemenang KSN akan dilaksanakan pada Jumat, 16 Oktober 2020. (RO/OL-2)

 

BERITA TERKAIT