12 October 2020, 16:05 WIB

Bangkitkan Ekonomi Warga, Pemkab Tuban Bantu 50 Lapak PKL


M Yakub | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten Tuban, Jatim, kembali membantu pedagang kali lima (PKL) sebagai upaya pemulihan ekonomi dan perdagangan. Bantuan itu berupa 50 meja lapak untuk mendorong bangkitnya perekonomian masyarakat kecil di masa pandemi covid-19.

Bantuan itu secara simbolis diberikan Bupati Tuban, Fathul Huda kepada pedagang di tiga pasar krempyeng, yakni, Pasar Ledok Bonsari, Pasar Bentongan, dan Pasar Jalan Pemuda Kutorejo Tuban.

Baca juga: UMKM dan PKL di Kota Cirebon Dapatkan Dana Bantuan Sosial

Bupati mengatakan bantuan yang diserahkan tergolong kecil namun, diharaplan menjadi stimulus bagi pedagang.  "Harapannya, bantuan tersebut dapat digunakan dengan optimal dalam menjalankan usahanya," ungkapnya, seusai penyerahan bantuan di Pendopo Pemkab.

Ia mengatakan pedagang kecil dan kaki lima juga menerima dampak signifikan akibat pandemi covid-19 di Kabupaten Tuban. Karenanya, Pemkab selalu mengakomodir keluhan dan aspirasi masyarakat terdampak covid-19.

Bupati meminta agar masyarakat khususnya pedagang kaki lima atau pedagang kecil yang membutuhkan bantuan dapatnya menyampaikan apa yang dibutuhkan ke Diskoperindag selaku Dinas yang membidangi. Dan Pemkab akan membantu semaksimalnya untuk membangkitkan lagi perekonomian warga.

"Pemkab akan memprioritaskan masyarakat terdampak agar bisa bertahan dan bangkit di masa pandemi saat ini," tuturnya.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Tuban, Agus Wijaya menambahkan bantuan meja dagang dipilih untuk mempermudah pedangan di ketiga pasar tersebut menjual dagangan.  Adapun jenis meja yang diberikan yaitu tipe A meja berpintu sebanyak 35 unit diberikan kepada pedagang pasar  Pasar Ledok Bonsari, dan Pasar Bentongan.Â

Adapun meja tipe B berupa meja lipat sebanyak 15 unit untuk pedagang jajanan di Jalan pemuda Kutorejo. "Total dana hibah berbentuk meja dagang mencapai Rp95,4 juta," jelasnya.

Agus menjelaskan bantuan meja dagang dipilih agar pasar tersebut terlihat lebih rapi dan bersih. Karena sebelumnya pedagang menjajakan dagangan mereka menggunakan alas tikar.

Selain meja dagang, lanjut Agus, Pemkab Tuban telah memberikan bantuan stimulant untuk masyarakat terutama pedagang kecil dan UMKM di masa pandemi pada Juli lalu.

Bantuan berupa modal diberikan kepada kurang lebih 75 pedagang, dengan total anggaran Rp150 juta dan kemudian bantuan serupa akan kembali dikucurkan di bulan ini dengan total anggaran kurang lebih sebesar Rp150 - Rp200 juta. (YK/A-1)

BERITA TERKAIT