12 October 2020, 16:10 WIB

Para Alumi PT Diminta Lebih Tanggap terhadap Kondisi Bangsa


Bayu Anggoro | Nusantara

LULUSAN perguruan tinggi diminta lebih berkontribusi terhadap pembangunan.  Mereka juga harus responsif terhadap dinamika kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) seusai bertemu Ketua Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjajaran Bandung, Irawati Hermawan. Emil menjelaskan, sebagai kaum intelektual, lulusan perguruan tinggi harus  aktif dalam memberikan gagasan dan pikiran demi kemajuan bangsa dan negara.

Baca juga: Forum Alumni Bersatu Siap Kawal Pelantikan Jokowi-Amin

Emil pun berharap para kaum terpelajar bisa rutin sebulan sekali dalam menyampaikan ide-ide segar untuk kebaikan bersama. "Bisa setiap bulan IKA Unpad mengeluarkan pendapat melalui pers conference," katanya.

Emil menyebut para alumni perguruan tinggi tersebut bisa berperan dalam  menguatkan industri pertanian di Jawa Barat. Di negara-negara Eropa, ekosistem pertanian sudah sangat modern dan inovatif. Sedianya bisa kita adopsi di sini.

Ketua IKA Unpad, Irawati menyambut positif harapan. Dia menyebut pihaknya juga sudah memiliki beberapa instrumen yang salah satunya fokus pada bidang swasembada pangan. "Baik bidang pertanian, peternakan, dan perikanan."

Selain itu, dia menyebut IKA Unpad bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan berkolaborasi dalam berbagai sektor pembangunan. "Kami akan saling mendukung, saling memberi gagasan dan ide," katanya. Dalam pertemuan itu, Emil pun dinobatkan menjadi dewan penasehat IKA Unpad seperti yang tercantum dalam AD/ART organisasi. (BY/A-1) 

BERITA TERKAIT