12 October 2020, 16:00 WIB

Rasio Kesembuhan Pasien Covid-19 Indonesia Lampaui Rata-Rata Dunia


M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora

TINGKAT kesembuhan (recovery rate) pasien covid di Indonesia mengalami peningkatan, hal ini cukup memberikan bukti bahwa penanganan covid di Tanah Air menunjukkan tren yang positif.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto, mengatakan tingkat kesembuhan pasien per 11 Oktober mencapai 76,48%.

"Terkait dengan recovery rate per 11 Oktober kemarin mencapai 76,48%, ini lebih tinggi dari recovery rate dunia yang 75,0%," kata Airlangga saat dialog virtual yang diadakan BNPB, Senin (12/10).

Peningkatan grafik kesembuhan tersebut dikarenakan menurunnya kasus aktif di beberapa provinsi sehingga recovery rate naik. Sementara dari segi tingkat kematian atau case fatality rate 3,55% dari masih di atas duni 2,9%.

"Untuk penanganan covid per hari ini rata-rata covid aktif sudah 19,97% itu membaik dibandingkan beberapa waktu lalu 22,1%," ujar Airlangga yang juga menjabat Menteri Koordinator Perekonomian.

Airlangga mengatakan Presiden Joko Widodo mengarahkan untuk penengendalian secara mikro dan arahan tersebut ditujukan untuk beberapa kota.

Kota yang dimaksud yakni Ambon, Jakarta Utara, Depok, Bekasi, Jayapura, Padang, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Tmur, dan Pekan Baru, untuk lebih di dalami seperti menangani 8 provinsi dan 3 provinsi lain. (OL-4)

BERITA TERKAIT