12 October 2020, 15:20 WIB

Jatim Bebas dari Zona Merah, Satgas: Terima Kasih Bonek


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Nusantara

KETUA Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo berterima kasih kepada bondo nekat alias bonek, sebutan kelompok suporter Persebaya.

Menurutnya, upaya bonek terkait sosialisasi protokol kesehatan berdampak positif pada penurunan kasus covid-19 di Jawa Timur.

Bonek dikatakannya berhasil mengubah perilaku warga. Dari sebelumnya enggan menggunakan masker, sekarang lebih disiplin terhadap protokol kesehatan.

Baca juga: Ini 5 Provinsi dengan Penanganan Covid-19 Paling Baik

"Kami menyampaikan terima kasih kepada kawan-kawan bonek. Alhamdulilah bonek justru menjadi pelopor untuk mengajak masyarakat menggunakan masker dan patuh protokol kesehatan," tutur Doni dalam diskusi virtual, Senin (12/10).

Doni menyebut berkat kinerja Bonek dan pimpinan Pemprov Jawa Timur, wilayah tersebut sudah tidak berstatus zona merah covid-19.

"Hari ini Jawa Timur, kurang lebih tiga minggu terakhir, sudah tidak zona merah. Ini terlihat adanya kesungguhan yang sangat baik dari seluruh unsur pimpinan di Jawa Timur. Termasuk, didukung tokoh-tokoh yang ada," pungkas Doni.

Baca juga: Jadi Relawan Vaksin, Ridwan Kamil tidak Rasakan Efek Samping

Lebih lanjut, dia berharap kinerja positif di Jawa Timur tetap dipertahankan. Sehinga, wilayah itu tidak kembali menjadi zona merah.

Doni juga menjelaskan bahwa tren angka kesembuhan di Tanah Air terus meningkat di sejumlah provinsi prioritas, kecuali wilayah Papua. Adapun tren perbaikan angka kasus kematian juga mengalami penurunan, kecuali wilayah Bali.

"Dari provinsi prioritas, hanya 1 saja yang masih belum mengalami penurunan, yaitu Bali. Jawa Timur dan Papua sempat turun, meskipun naik lagi di seminggu terakhir," tutupnya.(OL-11)

BERITA TERKAIT