12 October 2020, 14:04 WIB

Mensos Ajak Para Siswa Tetap Semangat Belajar di Tengah Pandemi


mediaindonesia.com | Humaniora

MENTERI Sosial (Menos) Juliari P Batubara mengatakan berpesan kepada para siswa  di Indonesia untuk tetap semangat belajar mempersiapkan masa depannya setinggi mungkin dan tetap berjuang walaupun masih berada dalam masa pandemi Covid-19.

Mensos menyampaikan hal tersebut pada penutupan acara sosialisasi pengenalan program studi di perguruan tinggi negeri (PTN) dan juga peluang beasiswa ke luar negeri bersamaan digelar Edufair SMAN 8 Jakarta (Smandel), Minggu (11/10).

Pada Edufair SMAN 8 Jakarta 2020 yang digelar secara daring, hadir memberi sambutan selain Mensos, juga Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Edi Prabowo. Sebelumnya saat pembukaan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya juga memberi pemaparan dan memberi motiviasi kepada para siswa.

Dalam sambutannya, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhi Prabowo berpesan, “Yakinlah akan pilihan jurusan dan universitas pilihanmu tanpa mengikuti dorongan teman atau lingkungan, maupun  tekanan dari orang tua.

“Karena masa depan kalian hanya dapat diraih oleh orang yang optimis dan jadikan masa ini sebagai tonggak kalian untuk menjadi patriot bangsa membangun negara,” kata Edhi yang juga alumni dari Smandel sama dengan empat menteri dari Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Jokowi lainnya.  

Dalam kegiatan yang disiarkan secara live melalui Channel Youtube Official SMAN 8 Jakarta, Mendag Agus Suparmanto menyampaikan pandangan mengenai pentingnya dasar ilmu untuk mencapai cita cita, terutama ilmu agama sehingga dapat membantu anak anak untuk mencapai kesuksesan dengan terbentuk sebagai pribadi yang tangguh,tanggung jawab dan perduli.

Mendag mengatakan bahwa ilmu dapat diraih di mana saja tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. “Ilmu didapat dari banyak hal tidak saja didapat dari kelas,” jelasnya.

Sementara itu,  Kepala Sekolah SMAN 8 Jakarta, Rita Hastutu sangat mengapresiasi kegiatan Edufair yang berlangsung semarak dan diikuti semua siswa dan juga orang tua, bahkan sebagian masyarakat juga ikut ambil bagian dalam acara ini.

“Semoga acara seperti ini akan bisa memotivasi seluruh sivitas SMAN 8 Jakarta untuk selalu berbuat yang terbaik bagi almamaternya,” ujar Rita.

Saat mengisi Edufair SMAN 8 Jakarta, dengan tema ‘A day with Universitas Indonesia (UI)’ Direktur Kemahasiswaan UI Dr. Devie Rahmawati,S.Sos,M.Hum mengatakan banyak siswa lulusan Smandel yang diterima di UI setiap tahunnya.

Devie menambahkan bahwa UI sudah menerapkan kampus Merdeka Belajar dengan menempuh kuliah selama 5 semester dan 3 semester ditempuh  dengan pilihan pilihan sesuai minat mahasiswanya.

“Di antaranya dengan mengikuti pertukaran pelajar, magang, menjadi pengajar di suatu sekolah atau institusi, melakukan research, menjalani proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, studi proyek independen maupun membangun desa atau kuliah kerja nyata tematik,” paparnya. (RO/OL-09)

 

 

 

 

 

 

BERITA TERKAIT