12 October 2020, 12:51 WIB

Dicari, 1 Miliar Relawan untuk Atasi Laju Perubahan Iklim


Putri Rosmalia | Weekend

EMPATperusahaan besar di dunia seperti IKEA, HSBC, BT, dan Reckitt Benckiser, akan menggarap kampanye melawan perubahan iklim. Kampanye tersebut dikatakan akan melibatkan setidaknya 1 miliar orang di seluruh dunia sebagai relawan.

Seluruh relawan tersebut akan diminta berkomitmen untuk melakukan setidaknya satu kegiatan yang dapat berdampak baik pada lingkungan. Mulai dari mengonsumsi pangan lokal, menekan konsumsi pakaian, menggunakan mobil listrik, hingga memilah sampah.

Meski setiap orang hanya melakukan satu kegiatan, dengan 1 miliar orang yang terlibat diyakini akan mampu menekan perubahan iklim. Gas efek rumah kaca juga diyakini akan bisa direduksi.

Untuk bisa mengikuti kampanye tersebut, setiap orang harus mendaftar secara online sebagai relawan. Nantinya mereka dapat memilih, kegiatan apa yang akan mereka lakukan sebagai bentuk perlawanan pada laju perubahan iklim.

Akan ada 16 pilihan komitmen kegiatan yang dilakukan dengan tingkat kesulitan dan keseriusan yang berbeda. Setiap orang yang sudah mendaftar akan mendapatkan email notifikasi secara rutin untuk melakukan kegiatan pilihannya setia hari

Bila kegiatan dilakukan selama setidaknya satu tahun, diperkirakan akan ada 20% dari total emisi global yang tereduksi.

"Bayangkan apa yang akan bisa didapatkan bila satu miliar orang melakukan aksi ini. Kita bisa melakukan perubahan dengan hanya melalui kegiatan yang mungkin sebenarnya sepele tapi sangat berdampak," ujar Pia Haidenmark, Kepala Bidang Keberlanjutan Lingkungan Ingka Group, Francise Ikea, seperti dilansir theguardian.com, Senin, (12/10). (M-4)

BERITA TERKAIT