12 October 2020, 12:35 WIB

Warga DKI yang Patuh Pakai Masker Baru 70%


Cindy Ang | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan sebanyak 70% warga Ibu Kota disiplin menggunakan masker saat berada di luar rumah. Angka itu berdasarkan hasil studi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

"Harus ditingkatkan menjadi minimal 85%. Kalau penggunaan masker bisa minimal 85%, maka akan lebih terkendali," kata Anies di Jakarta, Senin (12/10).

Dia mengimbau warga tetap disiplin protokol kesehatan selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. Sehingga, pihaknya tidak lagi mengambil kebijakan rem darurat dan merugikan semua pihak.

Baca juga: Epidemiolog Sayangkan Anies Putuskan PSBB Transisi

Menurut dia, salah satu cara paling efektif memutus rantai penyebaran covid-19 yakni dengan berada di rumah. Selain itu, Pemprov DKI akan terus meningkatkan kapasitas tes covid-19.

"Sekarang kita kan perluas kapasitas tracing kita. Dengan perluasan kapasitas tracing, harapannya kita bisa lebih efektif lagi dalam pengendalian wabah ini," ujar Anies.

Anies menuturkan perluasan kapasitas tracing dilakukan dengan bantuan masyarakat. Salah satunya dengan pendataan pengunjung di perkantoran dan tempat usaha.

"Sehingga pergerakan penduduk, pergerakan masyarakat itu termonitor. Pendataan pengunjung ini membuat kita bisa memonitor lebih baik," tutup Anies.

Anies memutuskan kembali ke masa PSBB transisi. Kebijakan berlaku selama dua pekan ke depan mulai 12-25 Oktober 2020. (OL-1)

BERITA TERKAIT