12 October 2020, 12:30 WIB

Pameran Virtual BI Kumpulkan Pembiayaan Hingga Rp4,71 Miliar


Despian Nurhidayat | Ekonomi

PAMERAN Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 seri II yang digelar Bank Indonesia (BI) pada 7-9 Oktober 2020 lalu berhasil mempertemukan 18 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan 4 lembaga keuangan melalui one on one meeting business matching. Pameran yang digelar secara daring itu juga berhasil mengumpulkan nilai komitmen pembiayaan hingga Rp4,71 miliar.

"Selama Pameran KKI Seri II, omzet penjualan produk UMKM yang terdiri dari kain, kerajinan, serta makanan dan minuman tercatat sebesar Rp3,79 miliar. Jika dijumlahkan, omzet penjualan UMKM dari pameran KKI seri I dan II adalah sebesar Rp8,65 miliar," ungkap Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dalam keterangan resminya, Senin (12/10).

Dalam acara tersebut, selain business matching, business coaching juga diselenggarakan guna meningkatkan kapasitas UMKM agar terhubung dengan ekosistem digital (onboarding), ekspor, dan perlindungan konsumen. Kegiatan business coaching diikuti oleh 816 peserta.

Mengangkat tema Sinergi untuk UMKM Digital, penyelenggaraan pameran KKI seri II merupakan hasil sinergi BI dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Kementerian Ketenagakerjaan, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Diselenggarakan secara virtual, jumlah pengunjung Pameran KKI di berbagai kanal (Zoom, Platform KKI, Youtube, Instagram, dan Facebook), baik untuk menyaksikan kegiatan aktivasi, maupun pameran, mencapai 24.608 orang. Jika dijumlahkan dengan seri I maka total pengunjung sebanyak 53.153 orang.

Pameran KKI merupakan rangkaian event tahunan yang menampilkan produk-produk UMKM Binaan BI, dengan bersinergi bersama kementerian/lembaga dalam pengembangan UMKM. Rencananya, BI akan kembali menggelar pameran KKI Seri III bertemakan Sinergi UMKM untuk Sahabat Milenial di bulan November 2020.

"Dalam hal masyarakat ingin melihat produk UMKM Binaan BI, BI tetap menyediakan menu katalog pada laman KKI www.karyakreatifindonesia.co.id," ujar Onny.

"Ke depan, BI akan selalu berkomitmen untuk terus mengembangkan UMKM agar dapat menjadi tulang punggung perekonomian daerah dan nasional, serta bersinergi dengan berbagai kementerian dan lembaga," pungkasnya. (E-2)

BERITA TERKAIT