12 October 2020, 05:50 WIB

Tol Layang Makassar Segera Dioperasikan


(LN/AT/N-2) | Nusantara

DI tengah tekanan pandemi, masyarakat Sulawesi Selatan mendapat kabar baik. Tol Layang AP Pettarani di Kota Makassar sudah tuntas dibangun.

Tol Ujung Pandang seksi 3 ini akan menghubungkan bagian selatan Kota Makassar dengan Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar New Port, Bandara Sultan Hasanudin, dan daerah-daerah di pesisir selatan. Tol dengan panjang 4,3 kilometer itu menelan investasi hingga Rp2,243 triliun.

"Dalam waktu dekat, tol layang sudah bisa dioperasikan. Pekan ini, kami memasuki tahapan uji kelayakan, satu langkah menuju operasionalisasi," kata Direktur Utama PT Bosowa Marga Nusantara, Anwar Toha, kemarin.

Konstruksi Tol Layang AP Pettarani sudah mencapai 99,70%. Pengerjaan sudah masuk tahap finalisasi untuk perampungan marka jalan, drainase, dan penerangan jalan umum.

Ia berharap tol layang ini diresmikan Presiden Joko Widodo. Sebelumnya, diagendakan pada Oktober ini. "Saat Gubernur Nurdin Abdullah mengunjungi proyek ini, kami sudah sampaikan untuk bisa menghadirkan Presiden," tambah Direktur Teknik dan Operasional PT Bosowa Ismail Malliungan.

Di Yogyakarta, Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Direksi PT Angkasa Pura I bersepakat mempercepat pembangunan tol Bandara Internasional Yogyakarta. "Keberadaan tol juga akan mendukung pengembangan aerotropolis di kawasan bandara. Saat ini sedang berlangsung proses pembebasan lahan," ujar Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji.

Sementara itu, untuk Bandara Adisutjipto Yogyakarta tetap digunakan untuk penerbangan komersial pesawat ATR dan jet pribadi. Selain itu, juga menjadi lokasi pameran dan galeri seni, kerajinan, dan kuliner. (LN/AT/N-2)

BERITA TERKAIT