12 October 2020, 04:35 WIB

Rapindo Gunakan Sistem E-KYC ASLI RI


Dik/S-1 | Ekonomi

PT Asli Rancangan Indonesia (ASLI RI) dan PT Rapi Utama Indonesia (Rapindo) bekerja sama dalam penyediaan layanan Biometric E-KYC pada aplikasi Rapindo ID Verification untuk sektor multifinance.

Aplikasi itu untuk anggota Rapindo dan bisa diakses di situs www.rapindo.co.id atau integrasi host-to-host antara sistem Rapindo dan anggota Rapindo.

ASLI RI ialah penyedia layanan verifikasi biometrik besertifi kat dari NIST yang melayani banyak perusahaan pembiayaan. Rapindo ialah badan usaha milik Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) yang menyediakan data nasional untuk pemeriksaan data aset sebagai objek jaminan dari perusahaan pembiayaan.

“Ide aplikasi ini muncul karena perpanjangan masa PSBB. Dengan sistem E-KYC dari ASLI RI, proses customer due diligence (CDD) oleh perusahaan pembiayaan jadi lebih cepat, akurat, dan komprehensif karena dilakukan digital, jadi tidak perlu lagi tatap muka,” kata Ketua Umum APPI Suwandi Wiratno melalui rilisnya, kemarin.

Direktur Rapindo Widyastomo mengatakan dengan sistem E-KYC, perusahaan pembiayaan dapat meningkatkan mitigasi risiko serta menjamin kualitas pembiayaan yang baik dan terproteksi. (Dik/S-1)

BERITA TERKAIT