12 October 2020, 05:30 WIB

Tidak Benar, Klaim Probiotik Bisa Atasi Virus Korona


(Wan/H-2) | Humaniora

BELAKANGAN ini beredar kabar yang menyebutkan bahwa probiotik ampuh untuk mencegah dan juga membantu mengatasi virus korona atau covid-19. Namun, hal itu dibantah Ketua Pusat Penelitian Nutrisi Manusia, IMERI Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Rina Agustina.

Ia menjelaskan, probiotik memang memiliki kandungan yang bisa meningkatkan imunitas tubuh yang mana kebanyakan berada di dalam saluran cerna. Akan tetapi, tidak semuanya memiliki kandungan yang sama.

"Lactobacilli dan bifidobacteria hanyalah dua jenis bakteri nonpatogen dan kita harus mempertimbangkan apakah mereka benar-benar dapat memperbaiki keseimbangan ekosistem usus yang beragam dalam memerangi covid-19? Ini masih harus diteliti lagi," kata Rina dalam diskusi webinar yang diselenggarakan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Sabtu (10/10).

Menurutnya, pemberian probiotik yang diberikan secara oral dapat mengurangi risiko keparahan dari virus, terutama pada anak-anak. Namun, penggunaan probiotik konvensional untuk covid-19 tidak disarankan.

Untuk memperkuat kekebalan tubuh, Rina menyarankan untuk melakukan pola makan yang sehat dan seimbang dengan prebiotik, probiotik, suplementasi vitamin, dan berolahraga. (Wan/H-2)

BERITA TERKAIT