12 October 2020, 05:37 WIB

Taklukkan Djokovic, Nadal Menangkan Gelar Roland Garros ke-13


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

RAJA lapangan tanah liat Rafael Nadal sukses memenangkan gelar Grand Slam Prancis Terbuka untuk ke-13 kalinya di lapangan Philippe-Chatrier, Roland Garros, Minggu (11/10).

Menang atas petenis nomor satu dunia Novak Djokovic, petenis asal Spanyol itu unggul tiga set langsung 6-0, 6-2, dan 7-5, menandai kemenangannya yang ke-100 di Roland Garros sepanjang kariernya.

"Kemenangan di sini sangat berarti bagi saya," kata Nadal. "Hari ini tentang kemenangan di Roland Garros. Itu sangat berarti bagiku, sebagian besar momen terpenting dalam karier saya terjadi di sini. Saya suka kota ini."

Baca juga: Swiatek Terpacu Konsistensi Nadal

Nadal berlutut dalam perayaannya, saat berhasil mencetak ace untuk meraih gelar Grand Slam Prancis Terbuka untuk ke-13 kalinya.

Pemain berusia 34 tahun itu sukses meningkatkan rekor kemenangan 22-4 sepanjang musim 2020 yang singkat.

"Di Australia, (Djokovic) mengalahkan saya. Tapi, hari ini, kemenangan untuk saya, dan itu adalah bagian dari permainan. Setelah semua hal yang terjadi dalam karier saya, tanpa tim dan keluarga yang hebat di sekitar saya semua ini tidak akan mungkin terjadi," tuturnya.

"Kami sedang menghadapi salah satu momen terburuk, berjuang melawan virus (covid-19) ini, dan kami hanya perlu terus maju, tetap positif dan kita akan melalui ini bersama," tukasnya.

Djokovic tampil kurang maksimal pada pertandingan final Prancis Terbuka, melakukan 52 kesalahan sendiri sepanjang pertandinga melawan Nadal, membuatnya gagal merebut gelar Grand Slamnya yang ke-18.

Nadal yang tampil prima pada pertandingan hanya melakukan 8 kesalahan sendiri membawa Djokovic berada di bawah tekanan. Bahkan, pada set pertama, Nadal tidak terkalahkan dengan kemenangan 6-0.

Sejatinya, Djokovic mulai meningkatkan permainan pada set ketiga. Kejar-mengejar angka terus terjadi selama set ketiga. Namun, kesalahan ganda yang dilakukan Djokovic pada skor 5-5, 30-40 memberi peluang bagi Nadal mengakhiri permainan dengan sebuah ace. Nadal pun membukukan kemenangan yang bersejarah. (Atptour/OL-1)

BERITA TERKAIT