12 October 2020, 01:30 WIB

Petrucci Berjaya di Lintasan Basah


MI | Olahraga

DANILO Petrucci tampil mengejutkan dengan memenangi balap motor Moto-GP yang dilangsungkan di Sirkuit Bugatti, Le Mans, Prancis, tadi malam.

Petrucci, pembalap Italia yang membela tim Ducati, menjadi yang pertama menyentuh garis finis di GP Prancis itu, sekaligus menghentikan rookie (pembalap debutan musim ini) Alex Marquez dari tim Repsol Honda yang harus puas menempati posisi kedua kendati mengawali lomba dari posisi ke-18. 

Pol Espargaro, pembalap Spanyol yang membela KTM, melengkapi podium dengan finis ketiga. Itu menjadi kemenangan kedua Petrucci dari 146 kali penampilan di balap motor kelas premium. Pembalap 29 tahun itu kian memperpanjang daftar nama pembalap yang memenangi sembilan seri musim ini, yakni ada tujuh pembalap berbeda. 

“Saya masih belum percaya dengan apa yang telah saya lakukan,” ucap Petrucci.

“Ini sangat menakjubkan, saya merasakan perasaan yang baik dan percaya dapat melakukannya meski di lintasan basah,” imbuhnya.

“Saya menunggu kemenangan ini sudah sangat lama dan saya sangat senang karena saya dapat merebut podium,” tutur Petrucci.

Balapan sempat ditunda karena hujan, beberapa menit sebelum start. Akhirnya balapan dilangsungkan dalam kondisi basah, membuat enam pembalap gagal finis, termasuk pembalap veteran Italia Valentino Rossi yang tergelincir beberapa saat selepas start.

Petrucci yang mengawali lomba dari posisi ketiga mampu menyodok sejak awal lomba. Bersama dua pembalap Ducati lainnya, Jack Miller (Australia) dan Andrea Dovizioso (Italia), mereka mampu terus mendominasi balapan hingga pertengahan lomba.

Andalan tuan rumah sekaligus pemimpin klasemen umum pembalap Fabio Quartararo gagal mempertahankan posisi terdepan saat start. Quartararo dari tim Yamaha-SRT tidak mampu mengimbangi performa pembalap Ducati.

Quartararo gagal pula menjadi orang Prancis pertama yang menang di rumah sendiri sejak balap motor bergengsi itu dilangsungkan pada 1949. Namun, finis kesembilan membuat Quartararo masih menguasai klasemen pembalap hingga seri ke-9, dengan koleksi 115 poin. 

Posisi kedua diisi pembalap Suzuki Joan Mir (Spanyol) dengan 105 poin, diikuti Andrea Dovizioso (Italia/Ducati) dengan koleksi 97 poin. (AFP/Crash.net/Rif/R-2)
 

BERITA TERKAIT