12 October 2020, 00:00 WIB

Kepala Badan Nuklir Iran Positif Covid-19


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

KEPALA badan nuklir Iran, Ali Akbar Salehi, telah dinyatakan positif mengidap virus korona baru, media pemerintah melaporkan, Minggu (10/10), ketika negara itu mengumumkan rekor kematian harian tertinggi baru.

Salehi, Wakil Presiden dan Kepala Organisasi Energi Atom Iran, telah menjalani karantina dan beristirahat di rumah sejak tes pada 3 Oktober, kantor berita negara IRNA melaporkan.

Baca juga: Usai Gencatan, Tujuh Warga Azerbaijan Tewas Diserang Bom

Wakil presiden lainnya, Mohammad Bagher Nobakht, mengatakan Sabtu di Twitter dia "dalam pengawasan medis" setelah tertular Covid-19 selama seminggu terakhir.

IRNA mengatakan Salehi dan Nobakht berada dalam kondisi kesehatan yang 'baik' pada Minggu. Kematian dan infeksi akibat virus tersebut telah meningkat tajam di Iran sejak awal September.

Kementerian Kesehatan mengatakan 251 orang lainnya meninggal karena Covid-19 dalam 24 jam terakhir, rekor tertinggi lainnya untuk satu hari di republik itu.

Total infeksi Covid-19 sejak Iran melaporkan kasus pertamanya pada Februari melewati angka 500.000 Minggu, dengan 3.822 kasus baru dikonfirmasi.

Secara keseluruhan, covid-19 telah menewaskan 28.544 orang dan menginfeksi 500.075 orang di Iran, negara Timur Tengah yang paling parah terkena pandemi. (AFP/OL-6)

BERITA TERKAIT