11 October 2020, 23:30 WIB

Hamilton Klaim Kemenangan ke-91, Samai Rekor Schumacher


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PEMBALAP Mercedes Lewis Hamilton mengklaim kemenangan ke-91 dalam karirnya pada balapan di Formula 1 (F1) Grand Prix Eifel, ia berhasil menyamai rekor kemenangan sepanjang masa milik Michael Schumacher.

Hamilton mengambil kesempatan saat rival yang juga rekan setimnya, Valtteri Bottas gagal finis. Ia mencatatkan waktu 1 jam 35 menit 49,641 detik untuk menjadi yang tercepat.

Baca juga: Peraih Emas SEA Games, Eduwardus Terbaring Sakit Jantung

Max Verstappen dari Aston Martin Red Bull Racing membuntutti Hamilton dengan finis di posisi kedua dengan jarak waktu 4,470 detik dari catatan waktu milik Hamilton.

Pembalap Renault Daniel Ricciardo berada di urutan ketiga dengan catatan waktu 14,613 detik lebih lambat dari Hamilton.

Kemenangab ke-7 dari 11 balapan F1 musim 2020 berhasil mengantarkan Hamilton menduduki puncak klasemen dengan unggul 69 poin dari Bottas, dengan enam seri balapan tersisa, artinya ia kian dekat dengan gelar juara ketujuhnya yang juga menyamai rekor Schumacher.

Setelah perlombaan usai, putra Schumacher, Mick menghadiahi Hamilton sebuah helm ikonik merah milik sang ayah sebagai simbol meraih capaian yang sama.

"Ini suatu kehormatan, saya tidak tahu apa yang harus saya katakan, saya tumbuh mengidolakan dia (Schumacher)," ucap Hamilton.

"Saya memainkan Michael di video game, melihat dominasinya, saya tidak pernah membayangkan bisa mendekati rekornya," imbuhnya.

Pembalap Racing Point, Sergio Perez mengalahkan Carlos Sainz dari tim McLaren untuk finis di posisi keempat. Sedangkan Pierre Gasly meneruskan performa gemilangnya bersama Alpha Tauri dengan finis di P6 di depan pembalap Ferrari Charles Leclerc yang menyelesaikan pertandingan di urutan ketujuh.

Nico Hulkenberg yang menggantikan pembalap Lance Stroll yang sakit sukses finis di P8 untuk tim Racing Pount, di ikuti Romain Grosjean dari tim Haas Ferrari di posisi ke-9, sementara Antonio Giovinazzi mengamankan satu poin terakhir dengan finis di urutan ke-10. (F1/OL-6)

BERITA TERKAIT