11 October 2020, 22:50 WIB

Belajar Daring Dorong Digitalisasi sejak Jenjang TK dan PAUD


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora

PEMBELAJARAN Jarak jauh (PJJ) bukan hanya opsi terbaik untuk memutus penularan virus covid-19 di Tanah Air tapi juga mendorong digitalisasi aktivitas belajar mengajar, termasuk pada anak TK dan PAUD.

"PJJ menjadi hal yang tidak bisa dihindari oleh para siswa saat ini, bukan hanya menghindari penularan covid-19 tetapi juga era sekarang yang telah berubah ke digital," kata pengamat dan praktisi pendidikan Indra Charismiadji, Minggu (11/10).

Mau tidak mau, imbuhnya, siswa sekarang ini harus memanfaatkan alat kerja ini sebagai bagian kehidupan mereka. Semakin dibiasakan menggunakan alat kerja sedini mungkin, mereka tentu akan menguasai berbagai macam teknologi di masa depan.

Menurutnya, guru bisa memanfaatkan kelas virtual untuk memaksimalkan waktu belajar anak TK dan PAUD. Menurut Indra, keberadaan kelas virtual itu cukup efektif. "Saya sudah terapkan di beberapa TK dan PAUD yang saya dampingi," ucap Indra.

Selain itu, Indra juga mewanti-wanti agar pembelajaran fokus pada literasi yang kemudian dielevasi ke Project-based learning. Yang artinya, anak TK ataupun PAUD ini dituntut untuk menghasilkan sebuah karya nyata.

Dalam hal ini, cetus Indra, guru-guru bukan sekedar memberikan teori dan memberi soal atau bukan hanya diminta untuk meniru  apa yang dilakukan oleh guru tetapi siswa betul-betul menghasilkan sebuah karya dari pemikiran mereka sendiri .

"Jadi jika bisanya anak TK dan PAUD stimulasinya adalah dibacakan cerita, kemudian proyeknya bisa berbentuk video. Bagaimana misalnya mereka menceritakan kembali cerita tadi ini menjadi sebuah karya baru atau misalnya untuk siswa yang gemar menggambar bisa menceritakan lewat gambar. Ini mendorong inovasi, kreatif dan berpikir kritis," serunya. (H-2)

 

BERITA TERKAIT