11 October 2020, 22:15 WIB

Ini Manfaat Belajar Daring untuk Anak TK dan PAUD


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora

PEMBELAJARAN Jarak jauh (PJJ) masih menjadi opsi paling aman untuk memutus penularan virus covid-19 di Tanah Air, khususnya pada anak TK dan PAUD.
 
Namun begitu, PJJ ini pun menuai pro dan kontra di masyarakat. Beberapa pihak bahkan tidak setuju PJJ ini dilibatkan dalam pembelajaran untuk PAUD dan TK lantaran penyampaian pembelajaran yang kurang tepat justru bisa membuat mereka stres.

Menanggapi hal itu, Direktur Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Jumeri mengatakan PJJ pada PAUD dan TK justru perlu dilakukan mengingat usia mereka perlu dibimbing.

"Selain masa PAUD penting bagi tumbuh kembang anak, juga untuk menjaga agar ritme belajar sehingga anak merasa gembira dan tidak stres," kata Jumeri ketika dihubungi, Minggu (11/10).

Karena itu, menurutnya, guru PAUD dan orang tua perlu melakukan kolaborasi untuk memaksimalkan PJJ, sebagimana orangtua juga memiliki peran besar dalam mendidik anaknya.

"Orang tua arus terlibat aktif menemani anaknya bermain," kata Jumeri.

Bermain yang diaksudkan Jumeri adalah “Bermain adalah Belajar” yang merupakan prinsip dalam modul belajar PAUD sehingga siswa merasa senang dan mengurangi kebosanan. (H-2)

BERITA TERKAIT