11 October 2020, 16:15 WIB

Peraih Emas SEA Games, Eduwardus Terbaring Sakit Jantung


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

KABAR  kurang baik datang dari mantan atlet jarak jauh Indonesia Eduwardus Nabunome, atlet peraih medali emas nomor lari 10000 meter pada ajang SEA Games 1987, 1989, 1991 itu kini terbaring tak berdaya di Rumah Sakit (RS) Medistra Gatot Subroto Jakarta, sejak Sabtu, (11/10) malam dirawat karena mengidap penyakit jantung.

Dikonfirmasi dari Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), saat ini perawatan  Eduwardus masih dilakukan dan akan segera dilakukan tindakan pemasangan stent untuk menstabilkan Jantung.

"Kami dengar akan dilakukan pemasangan stent," ucap Sekretaris Jenderal PB PASI Tigor Tanjung, Minggu, (11/10).

Tigor juga menyampaikan, saat ini biaya penanganan rumah sakit akan ditanggung oleh Pengurus Provinsi PASI DKI Jakarta.

"Info dari Pengurus Provinsi PASI DKI Jakarta, biaya akan diatasi dengan asuransi yang disediakan di mana Edu berstatus pelatih pelatda," tuturnya.

"Namun, semoga ada juga pihak-pihak lain yang mengulurkan tangan untuk membantu kesembuhan Eduwardus," imbuhnya.

Baca juga : Stroll Sudah Sakit Sejak GP Rusia

Ini merupakan kali kedua, Eduwardus dirawat di rumah sakit dengan penyakit yang sama. Pertama pada tahun 2017 lalu, Edo juga mendapat perawatan serius di RS Pasar Rebo Jakarta Timur.

Sementara itu Sekretaris Jenderal Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Gatot Dewa Broto saat di konfirmasi mengatakan pihaknya belum mengetahui terkait informasi tersebut.

"Saya belum dapat info," ungkap Gatot.

Saat ditanya apakah akan segera memberikan perhatian untuk Eduwardus, ia menyebutkan akan mencoba melakukan komunikasi dengan deputi terkait. "Nanti kami komunikasikan ke Deputi terkait," tuturnya.

Dapat diketahui, selain mencetak medali emas pada nomor lari 10000 meter pada ajang SEA Games 1987, 1989, 1991 Pria asal NTT itu juga berhasil meraih emas di nomor lari 5000 pada SEA Games 1987 dan 1989, dan juga lari marathon di SEA Games 1997.

Pria yang saat ini memasuki usia 52 tahun itu sukses mematahkan dominasi pelari asal Malaysia, Subramaniam di nomor lari 10000 meter. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT