11 October 2020, 07:59 WIB

Hulkenberg Gantikan Stroll di GP Eifel


Basuki Eka Purnama | Olahraga

NICO Hulkenberg hanya diberi tahu empat jam sebelumnya untuk menggantikan pembalap Racing Point Lance Stroll yang sakit di babak kualifikasi Grand Prix Eifel, Sabtu (10/10).

Pembalap Jerman yang juga hanya mendapatkan pemberitahuan sehari sebelum menggantikan posisi Sergio Perez di Silverstone, Juli lalu, mengaku tengah menikmati kopi dengan seorang temannya ketika mendapatkan telepon dari bos Racing Point Otmar Szafnauer.

"Ini lebih gila dan liar dibandingkan sebelumnya," kata Hulkenberg.

Baca juga: FIA Setujui Larangan Reserve Engineering ala Racing Point

"Saya tengah berada di Cologne, yang berjarak satu jam perjalanan, dan saya diminta tiba sore ini untuk melakukan sejumlah rekaman relevisi dengan RTL."

"Saya tengah duduk bersama teman saya pada pukul 11.00 di kedai kopi ketika Otmar menelepon saya. Dia mengatakan, 'Hulkenberg, cepat ke sini. Kami membutuhkanmu'."

"Saya langsung masuk ke mobil saya, datang ke sini, dan sisanya tinggal sejarah," lanjutnya.

Hulkenberg tidak menceritakan bahwa dia ngebut menggunakan mobil Porsche yang dibelinya dari juara 1982 Keke Rosberg untuk tiba di Nurbirgring sebelum babak kualifikasi sore digelar.

Setelah tiba dan menjalani tes covid-19, Hulkenberg langsung mengemudikan mobil Stroll. Dia sukses melahap empat lap di babak kualifikasi pertama sebelum tereliminasi. Dia hanya terpaut beberapa detik untuk lolos ke babak kualifikasi kedua.

"Mobil ini rasanya berbeda ketimbang saat di Silverstone dan sirkuit ini juga berbeda. Karenanya, kini, saya harus menyesuikan diri lagi. Meski tersisih di babak kualifikasi pertama, saya puas dengan empat lap yang saya jalankan," ungkap Hulkenberg.

Adapun Racing Point mengatakan sakit yang diderita Stroll bukan covid-19. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT