11 October 2020, 05:35 WIB

Jerman Raih Kemenangan Pertama di Liga Negara UEFA 2020/21


Basuki Eka Purnama, Rifaldi Putra Irianto | Sepak Bola

JERMAN meraih kemenangan perdana mereka dalam laga Liga Negara UEFA 2020/21 Divisi A Grup 4 (A4) dengan mengalahkan tuan rumah Ukraina 2-1 di Stadion NSK Olimpijskyj, Kiev, Minggu (11/10) dini hari WIB.

Matthias Ginter dan Leon Goretzka mencetak gol untuk Jerman yang hanya bisa dibalas sekali oleh Ukraina lewat eksekusi penalti Ruslan Malinovskyi.

Kemenangan itu membuat Jerman mengumpulkan lima poin dan naik ke urutan kedua klasemen sementara Grup A4, di bawah Spanyol yang juga menang di pertandingan lain. Sedangkan Ukraina turun ke posisi ketiga.

Baca juga: Tekuk Bolivia 5-0, Brasil Pantas Menang Besar

Lima menit pertandingan berlangsung, Jerman hampir membuka keunggulan namun sepakan Serge Gnabry masih mengarah tepat ke pelukan kiper Heorhii Bushchan.

Setelah itu, Jerman lebih banyak tertekan oleh Ukraina. Tetapi, pada menit ke-20, tim Panser justru berhasil mencuri keunggulan melalui situasi sepak pojok yang diakhiri sontekan mudah Ginter di muka gawang.

Gol itu membuat kendali permainan beralih ke tangan Jerman. Tetapi, dua peluang mereka dari tembakan spekulatif Joshua Kimmich dan sundulan Gnabry berhasil dihentikan oleh penyelamatan gemilang Bushchan.

Sayangnya, Bushchan melakukan sebuah blunder ketika gagal mengamankan bola umpan silang dan si kulit bundar jatuh di muka Goretzka yang
menyonteknya ke dalam gawang untuk menggandakan keunggulan Jerman, empat menit selepas sepak lanjut babak kedua.

Bushchan seolah jadi aktor utama dalam pertandingan kali ini dan melakukan dua penyelamatan gemilang beruntun atas tembakan Gnabry dan
sepakan voli Lukas Klostermann demi mencegah gawang Ukraina kebobolan lagi.

Ukraina membalas pada menit ke-76 saat Roman Yaremchuk dijatuhkan di dalam area terlarang dan tendangan penalti sukses dikonversi Malinovskiy
untuk memperkecil ketertinggalan 1-2.

Tapi, momentum itu gagal dimanfaatkan Ukraina yang harus menutup laga dengan tangan hampa setelah keunggulan Jerman bertahan hingga bubaran.

Jerman selanjutnya akan menjamu Swiss di Stadion RheinEnergie, Cologne, pada Selasa (13/10) sedangkan Ukraina akan menyambut kedatangan Spanyol. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT