11 October 2020, 00:37 WIB

Tugas Ganda Bawaslu, Jaga Pilkada dan Protokol Kesehatan


Putra Ananda | Politik dan Hukum

KETUA Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan menegaskan, jajarannya memiliki tugas ganda dalam mengawasi jalannya pelaksaan pilkada serentak 2020. Tugas ganda tersebut ialah, melakukan pengawasan pilkada agar berjalan tetap sesuai aturan dan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

“Selain substansi elektoral, panwaslu juga harus mengawasi penerapan protokol kesehatan. Dua-duanya sama penting jadi harus seimbang,” kata Abhan melalui keterangannya, Sabtu (10/10).

Abhan menegaskan, jajaran yang berada di bawahnya yakni Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) diminta untuk melakukan pengawasan hingga ke tempat-tempat yang berpotensi mengundang keramaian.

Pengawas juga diminta untuk bekerja sama dengan pihak kepolisian maupun satpol PP untuk memastikan pilkada berlangsung tanpa mengabaikan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Baca juga : Lakukan Simulasi, KPU Terus Cari Formula Laksanakan Pilkada Aman

“Peringatan tidak mempan ada tindakan represif seperti dibubarkan. Maka kita harus bekerja sama dengan pihak kepolisian dan Satpol PP,” tambahnya.

Abhan mengatakan perlu pembentukan kelompok kerja (pokja) penangan covid-19 agar pencegahan penularan covid-19 dalam pelaksanaan pilkada serentak 2020 bisa lebih efektif. Pengawas TPS diminta untuk fokus menjalankan fungsinya sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh Bawaslu.

“Pengawas TPS ini memiliki kewenangan yang bahkan tidak dimiliki ketua KPU maupun Bawaslu, yakni menentukan sebuah surat suara sah atau tidak. Jadi diharapkan nanti mereka memiliki kualifikasi yang mumpuni,” tambahnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT